Pemerintah Kota Surakarta
Langgar Merdeka, Ikon Kampung Batik Laweyan
  March 21, 2018 18:13

Bertempat di Jl. Dr. Radjiman No. 565 Laweyan, Surakarta, Langgar Merdeka merupakan salah satu ikon atau penanda untuk pengunjung yang ingin datang ke Kampung Batik Laweyan. Konon menurut bahasa Jawa, langgar merupakan tempat ibadah bagi yang beragama Islam dan bangunan biasanya lebih kecil daripada masjid. Nuansa bangunan di Langgar Merdeka terdiri dari tulisan-tulisan Arab.

Langgar Merdeka dibangun selama kurang lebih tiga tahun, dimulai pada tahun 1942 dan selesai pada tanggal 26 Februari 1946 yang selanjutnya diresmikan Menteri Sosial Indonesia pertama, Bapak Mulyadi Joyo Martono. Bangunan asli Langgar Merdeka ini sebelumnya digunakan oleh orang keturunan Tionghoa untuk berjualan Candu (bisa disebut obat terlarang/narkotika) yang kemudian dibeli oleh H. Imam Mashadi untuk diubah fungsinya.

Dibangun dua lantai di mana lantai bawah digunakan untuk pengelola yang dibuat model toko-toko dan lantai atas digunakan sebagai tempat ibadah. Jika Anda pergi ke Kampung Batik Laweyan jangan lupa untuk mengunjungi Langgar Merdeka.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta