Abon Varia, Oleh-Oleh Khas Kota Solo
Abon, merupakan salah satu kuliner di Kota Solo yang cukup terkenal. Salah satu penghasil olahan daging sapi yang tersohor di Kota Bengawan yakni abon varia. Abon Varia yang terletak di Jl. DR. Radjiman No.132, Solo atau di kawasan Coyudan dikenal membuat dan sekaligus menghasilkan abon Sapi asli pilihan. Sejak berpuluh tahun yang lalu abon sapi Varia telah menjadi pioneer toko oleh-oleh di Solo.
Selain untuk lauk atau menu makanan sehari-hari orang jawa, abon sapi adalah salah satu uborampe menu tradisional khas Solo. Misal untuk pelengkap tumpeng kuning, untuk menemani  nasi langgi, nasi rames, juga untuk pengisi makanan keleman seperti lemper isi abon sapi, juga kadang ada yang berselera untuk mengisi panganan semar mendem. Rasa bumbunya dipadu daging sapi pilihan terasa pas dan original tak ada campuran apapun. Karena itu masyarakat Solo telah mempercayai abon Varia mutu makanannya baik.

Selain abon Varia yang suka dijadikan oleh-oleh untuk saudara di luar kota bahkan luar negeri, ada juga serundeng kelapa, klengkam (makanan dari kenthang yang diiris tipis dan rasanya pedas manis) juga tempe kering manis pedas. Semua itu selalu dicari baik untuk camilan, lauk, dan pelengkap makanan seperti tumpeng tadi. Untuk ¼ Kg abon seharga Rp64.000, dan untuk ¼ kg serundeng harganya Rp12.000.
 

Share/Save

Konten Terkait

Info Kota | Indeks Berita