Kenduri Ageng Banjarsari

Sabtu (10/12) Suasana Taman Balekambang tampak lebih semarak dari hari biasa. Sejak dari pintu masuk pengunjung disambut karya instalasi bambu di simpang jalan menuju area parkir dan taman. Di salah satu sudut persimpangan instalasi lain bertuliskan “Kenduri Ageng Banjarsari” warna-warni menarik pandangan mata siapapun yang melintas.

Memasuki area taman, tepatnya di Timur air mancur Partinah bergiliran ditampilkan berbagai tari seolah menyambut pengunjung yang datang. Panggung utama berada di Timur kolam pancingan yang dulu dikenal sebagai Partini Tuin. Sekelilingnya, berdiri stand-stand pameran yang menampilkan berbagai potensi Kecamatan Banjarsari.

Kenduri bertajuk “Kampung Sebagai Ruang Ketahanan Budaya” baru pertama kalinya diselenggarakan. Tujuannya untuk mengingkatkan persatuan dan gotong royong di masyarakat. Dengan bekerja bersama-sama, diharapkan terjadi interaksi antarwarga satu kelurahan dengan kelurahan lain sehingga terbentuklah kebersamaan tanpa membedakan latar belakang agama, suku, dan golongan.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengapresiasi kegiatan yang baru pertama kali digelar ini. Kegiatan tersebut diniai dapat meningkatkan kerja sama, gotong royong, toleransi, dan persatuan warga.

Kenduri Ageng Banjarasari rencananya diselenggarakan selama dua hari hingga Minggu (11/12). Diperkirakan pengunjung di hari kedua akan bertambah cukup signifikan lantaran berbarengan dengan akhir pekan panjang.

 

 

 

dok.foto:timlo.net


Share/Save

Konten Terkait

Info Kota | Indeks Berita