PPDB On-line di Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dispora) bekerja sama dengan Puskom UNS menyelenggarakan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk SMP/MTs dan SMA/MA. Sistem ini berbasis teknologi informasi, merupakan jaringan yang dapat diakses melalui SMS maupun Internet. Dengan adanya sistem PPDB online ini diharapkan memperlancar proses PPDB dan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara transparan, objektif, memenuhi rasa keadilan dan akuntabel.

Cara Pendaftaran Online
Sistem PPDB online ini akan dibuka mulai tanggal 2 Juli 2012. Setiap siswa yang mendaftar dapat memilih 4 sekolah pilihan, yang terdiri dari 2 sekolah negeri dan 2 sekolah swasta. Kelengkapan perabot pendaftaran dimasukkan ke dalam stopmap berwarna merah bagi calon peserta didik baru yang berasal dari dalam wilayah administrasi Kota Surakarta,  dan stopmap berwarna kuning bagi pendaftar calon peserta didik baru yang berasal dari luar wilayah administrasi Kota Surakarta.

Pada sekolah yang menjadi pilihan pertama, nilai dari seluruh pendaftar disusun peringkatnya, dan pendaftar yang diterima dalah pendaftar yang masuk dalam peringkat sesuai kapasitas sekolah yang bersangkutan. Pendaftar yang tidak masuk dalam peringkat pendaftar yang diterima pada sekolah pilihan pertama otomatis akan dialihkan ke sekolah pilihan kedua dan akan digabung dengan pendaftaran yang memilih sekolah tersebut sebagai pilihan pertama. Proses ini bejalan/bergulir secara otomatis melalui sistem pengolahan data (software PPDB online) sampai pilihan yang ke 4 dan dapat dipantau melalui media teknologi dan informasi online. Jika pada pendaftaran terakhir yang diterima pada suatu sekolah terdapat 2 atau lebih pendaftar dengan jumlah nilai yang sama pada posisi peringkat batas bawah, maka untuk menentukan peringkat pendaftar yang diterima dilakukan dengan ketentuan melihat sekolah pilihan yang diunggulkan dan berdasarkan nilai UN saja.

Informasi PPDB online dapat diakses secara cepat melalui fasilitas internet dengan alamat www.ppdbsolo.net dan SMS ke nomor 3011 (bagi pengguna Indosat) atau ke nomor 08564735588 (bagi pengguna selain Indosat).

 
Categories: 

Share/Save

Konten Terkait

Info Kota | Indeks Berita