Prosesi Gunungan Grebeg Maulid Berlangsung Meriah

Senin (12/12/2016), pagelaran Grebeg Maulid merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Puncak peringatan Sekaten dilakukan di Halaman Masjid Agung Keraton Surakarta. Acara memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW tersebut ditandai dengan keluarnya dua pasang gunungan Jaler (laki-laki) dan Estri (perempuan) dari Kori Kamandungan Keraton Solo menuju Masjid Agung.
Prosesi gunungan diawali dari Keraton Kasunanan. Dua pasang gunungan diarak oleh ratusan abdi dalem, melewati rute Kori Kamandungan (pintu utama keraton)-Sitihinggil-Pagelaran-Alun-alun Utara hingga halaman Masjid Agung. Iring-iringan dikawal oleh prajurit keraton dan barisan marching band keraton.
Pengageng Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Puger menjelaskan kedua gunungan tersebut pertanda syukur dari raja kepada rakyatnya. Serta simbol Nabi Muhammad SAW memberi rejeki yang diturunkan berupa gunungan yang dibagikan ke masyarakat.
Dua gunungan yang dikirab berisi berbagai macam hasil sedekah bumi dan makanan. Gunungan Jaler terdiri dari sayur hasil bumi, seperti kacang panjang, terong, wortel, cabai, sawo dan tomat. Sedangkan Gunungan Estri berupa rengginang. Yaitu nasi yang dikeringkan dan aneka masakan lauk pauk.
Puncak acara, sepasang gunungan yang dipercaya membawa berkah dirayah atau diperebutkan ribuan warga Kota Solo dan sekitarnya.Bahkan warga yang tak mendapat kesempatan berebut, mengais sisa rayahan yang berceceran di halaman masjid.
 
 
dok.foto:timlo.net


Share/Save

Konten Terkait

Info Kota | Indeks Berita