Rangkaian Hari Jadi Ke – 272, Pemkot Siapkan Ziarah Leluhur, Festival Jenang, hingga Carnaval

SOLO – Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Solo ke – 272, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menyiapkan berbagai rangkaian event kota. Salah satu event yang telah digelar di awal bulan adalah Solo Great Sale yang telah dibuka pada 1 Februari lalu. Selain itu juga telah dilaksanakan kegiatan “Resik – resik Kutha” yang sesuai dengan tema Hari Jadi tahun ini yakni “Resik Kuthane, Waras Wargane”.

Rangkaian utama Hari Jadi dimulai pada Kamis (16/2) dengan “Ziarah ke Makam Leluhur” yakni ke Makam Ki Gedhe Sala, Makam Ki Ageng Henis, dan Makam R. Ng. Yosodipuro. Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 WIB dari Balaikota Surakarta. Puncak acara adalah pada hari Jumat (17/2) dengan diadakan  Upacara Peringatan Hari Jadi di Stadion Sriwedari dan dilanjutkan Pembukaan Festival Jenang di Koridor Ngarsopuro seusai Upacara. Dalam rangkaian tersebut akan diikuti ASN Kota Surakarta dengan pakaian Keprajuritan serta Jawi Jangkep Beskap Cemeng untuk tamu undangan. Pada malam hari akan diadakan acara Resepsi di Rumah Dinas Walikota Loji Gandrung mulai pukul 19.00 WIB.

Keesokan harinya pada Sabtu (18/2) akan diadakan Solo Carnaval “Boyong Kedhaton” di sepanjang Slamet Riyadi (Start Loji Gandrung finis Jl. Jendral Sudirman). Dalam acara ini juga akan ditampilkan pagelaran tari kolosal Adeging Kutha Sala sebagai penggambaran awal mula terbentuknya Kota Solo.  Selain itu akan terdapat beberapa event antara lain Lomba Burung Berkicau di Taman Balekambang pada Sabtu – Minggu (18-19) dan Guyub Rukun Onthelis Nusantara “Ngangeni Berseri Tanpa Polusi”.

 


Share/Save

Konten Terkait

Info Kota | Indeks Berita