Taman Pasar Burung dan Ikan Hias Depok di Resmikan

Walikota Solo FX. Hadi Rudyatmo didampingi Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta Subagiyo secara langsung meresmikan Pasar Burung dan Ikan Hias Depok, dan secara simbolis pula Walikota menyerahkan Surat Hak Penempatan (SHP) kepada perwakilan pedagang, Rabu (27/3)

Walikota dalam sambutannya mengatakan pembangunan pasar bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan para pedagang. dan Walikota berpesan kepada para pedagang  untuk tidak sekali-kali memindahkan SHP ke tangan orang lain, karena apabila itu terjadi Pemkot tidak segan-segan untuk menindak para pedagang yang berbuat demikian.

Sementara itu Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta Subagiyo, dalam keterangan kepada media mengatakan Aktivitas perdagangan Pasar Depok merupakan bagian dari kekuatan ekonomi di Kota Surakarta, yang sekaligus dalam upaya percepat program dalam upaya wareg, waras dan wasis. Pembangunan taman pasar burung dan ikan hias depok adalah dalam rangka meningkatkan kwalitas pelayanan publik.

Adapun kebijakan revitalisasi pembangunan pasar tersebut menambah pasar burung dan ikan hias depok optimis dapat meningkatkan daya saing usaha, menambah kesejahteraan masyarakat dan sekaligus dalam upaya wareg, waras dan wasis, dan untuk menata menempatkan PKL Hewan di sepanjang Jl. Sultan Syahrir Widuran ke dalam pasar sebagai wujud pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan penataan kawasan. Dengan perubahan nama pasar depok menjadi Taman pasar burung dan ikan hias Depok sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Walikota No. 3 tahun 2013 diharapkan dapat mencupport masyarakat solo dan sekitarnya bahkan mampu membawa pasar tradisional Surakarta berperan aktif di tingkat perdagangan Internasional

Adapun pembangunan Taman Pasar Burung dan Ikan Hias Depok dilaksanakan sebagai berikut biaya pembangunan bersumber Dana  APBD Tahun 2012 sebesar Tahap I : Rp. 10.200.000.000,- dan Tahap II : Rp. 3.495.000.000,-, untuk Bangunan Pasar, Bangunan Pasar terdiri dari 2 lantai meliputi Lantai Dasar 64 Kios, 110 Los, 11 Los Kuliner, 1 Unit Shelter untuk 24 Pedagang Plataran,  2 Unit MCK dan 1 Gudang. Lantar I 116 Los, 3 Los Kuliner, 1 Kantor Pasar,  1 Mushola, dan 1 Kantor Satpam.

Acara peresmian tersebut juga dimeriahkan atraksi tarian Reog Ponorogo. dan dilaksanakan pelepasan dua pasang burung Merpati, sebagai simbol kedamaian. (bs/rdo/don)

 


Share/Save

Konten Terkait

Info Kota | Indeks Berita