Pemerintah Kota Surakarta
Busur hasil Eddy Roostopo
  May 18, 2018 14:56

Eddy Roostopo salah satu pengrajin busur panah di Sriwedari membuat busur dan anak panah kualitas atlet nasional dibutuhkan ketelitian dan ketenangan sehingga produknya tetap digemari para atlet nasional. Baru saja dirinya mendapat pesanan busur dan anak panah dari India.
Eddy Roostopo yang akrab dipanggil Popop tersebut mengatakan dirinya menekuni membuat busur panah ini sejak 1977 hingga sekarang. Hasil kerajinan tangannya sudah tersebar se antero Indonesia. Bahkan hingga mancanegara.
Ide membuat busur panah berawal dari ayahnya yang turun ke dirinya hingga sekarang. Produk busur panah yang dibuat kebanyakan tradisional terbuat dari bahan kayu dan bambu.

Produk busur panah dengan menggunakan bahan baku kayu sonokeling, eboni, dan sawo. Harga juga juga bervariasi dari Rp1,2 juta per set hingga Rp2,8 juta per set tergantung bahan yang digunakan.
Dalam satu hari dirinya hanya mampu membuat satu set busur panah. Pasalnya, dirinya benar benar menjaga kualitas anak dan busur panah yang dibuatnya. Selain itu busur panah yang dibuat olehnya masih manual.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

34

Visitors today

22

Visits total

425,296

Visitors total

330,646

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta