Pemerintah Kota Surakarta
Pemkot Solo Adakan Sosialisasi Persandian Informasi
  May 14, 2018 16:08

SOLO – Informasi dan komunikasi merupakan suatu hal yang bersifat pribadi dan harus dilindungi keamanan, kerahasiaan, ketersediaan dan keasliannya. Terutama di dalam lingkup pemerintahan, mengandung informasi penting yang perlu dipublikasikan ke masyarakat luas yang kontennya tidak bisa diubah secara sewenang-wenang oleh siapapun. Mengingat hal tersebut, maka Pemerintah Kota Surakarta dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian mengadakan sosialisasi persandian dan keamanan informasi yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah), berjumlah 100 peserta. Kegiatan ini dielenggarakan di Hotel Amarelo Solo, Jl. Gatot Subroto No. 89-103 Kemlayan, Serengan Kota Surakarta, Senin (14/05/2018).

Sosialisasi ini dibuka oleh Walikota yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Surakarta, Dra. Eny Tiyasni Susana, MM. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan tujuan kegiatan sosialisasi yakni untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang pentingnya pengelolaan informasi yang aman terutama kepada jajaran OPD. “Peran persandian sangat penting seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang tidak dapat dipisahkan dengan administrasi negara. Beralihnya tata kelola pemerintah menuju era digital berpotensi menimbulkan ancaman keamanan informasi sehingga perlu dilakukan upaya pengamanan terhadap data, informasi dan sistem elektronik di Pemerintah Kota Surakarta”, jelas Ibu Eny.

Adapun rangkaian materi pada sosialisasi ini disampaikan oleh Perwakilan dari Dinas Komunikasi Informatika Jawa Tengah dan Badan Siber dan Sandi Negara. Pertama mengenai gambaran umum persandian yang ada di kota Surakarta oleh Ibu Eny, Tanda Tangan digital oleh Kepala Balai Sertifikasi Elektronik BSSN, Rinaldy, S.Sos., M.T.I. dan Security Assestment oleh Ade Putri, S.Tr.TP. Kemudian dilanjutkan dengan tata cara penyelenggaraan persandian untuk pengamanan Informasi pada pemerintah daerah oleh Perwakilan Diskominfo Jateng, Bapak Sukiman.

Harapan diadakan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman terhadap arti pentingnya persandian untuk keamanan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan serta meningkatkan keamanan informasi mealui persandian.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

17

Visitors today

15

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta