Pemerintah Kota Surakarta
Kampung Batik Laweyan
  May 26, 2018 10:08

Laweyan merupakan salah satu pusat sentra batik di Kota Solo. Baik pembuatan hingga penjualan batik berlangsung di Kampung ini. Kampung batik Laweyan sudah menjadi ikon batik Solo sejak abad ke-19 ketika asosiasi pedagang pertama kalinya dibentuk yaitu Sarikat Dagang Islam yang didirikan oleh Haji Samanhudi pada tahun 1912.

Saat ini, kurang lebih 250 motif batik khas Kampung Batik Laweyan sudah dipatenkan. Motif Batik Laweyan menawarkan batik warna terang. Selain memiliki sejarah sebagai kota batik tertua, gaya arsitektur kampung batik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Rumah- rumah klasik dengan arsitektur budaya Jawa, Eropa, Cina dan Islam. Bangunan mewah ini menjadi ciri kejayaan saudagar batik asli pribumi Laweyan pada masa itu dan dikenal dengan sebutan “Gal Gendhu”.

Kampung Batik Laweyan juga menawarkan paket wisata workshop membuat batik tulis dan cap, dengan meluangkan waktu sekitar 2 jam saja wisatawan bisa membawa pulang hasil karya batik. Untuk mengetahui biaya kursus Anda bisa menghubungi langsung ke contact person Forum Pengembangan Kampung Batik Laweyan.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta