Pemerintah Kota Surakarta
Napak Budaya Samanhudi, 900 Orang Ikuti Kirab
  July 8, 2018 07:00

Minggu (8/7) ribuan warga Kelurahan Sondakan sudah memadati jalan didepan Kantor Kelurahan Sondakan. Mereka ingin mengikuti prosesi kirab Napak Budaya Samanhudi. Napak Budaya Samanhudi diadakan untuk mengenang jasa dan perjuangan KH. Samanhudi sebagai Pahlawan Nasional RI. “Perjuangan KH. Samanhudi pada saat penjajahan dalam menyetarakan para pedagang pribumi dengan pedagang asing,” ungkap Lurah Sondakan, Ariyadi Muhson Priyanto, SH.

Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo sebelum melepas rombongan kirab mengungkapkan bahwa kegiatan ini selain nguri-uri kabudayan dan juga untuk mengenang Pahlawan Nasional KH. Samanhudi, yang memiliki peran penting dalam perjuangan bangsa ini. “Jangan hanya sebatas mengikuti kirab tapi pahami juga makna yang terkandung didalamnya,” terang Rudy.

Jumlah peserta kirab adalah 882 orang yang terbagi dalam 38 kelompok dan 9 kelompok pendamping. Kirab ini mengambil rute mulai dari Kelurahan Sondakan menuju Bundaran Purwosari lalu ke Center Point/Omah Lowo kembali lagi ke Kelurahan lagi. Sebagai cucuk lampah kirab adalah Foto dengan gambar KH. Samanhudi, gunungan, drumband, prajurit sondoko taruno, dan kelompok-kelompok dari kelurahan-kelurahan di Kecamatan Laweyan.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

21

Visitors today

17

Visits total

425,596

Visitors total

330,820

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta