Pemerintah Kota Surakarta
Lezatnya Tengkleng Yu Tentrem Solo
  July 14, 2018 12:40

Salah satu masakan khas Solo yang banyak diburu oleh para pecinta kuliner adalah tengkleng kambing, yang merupakan salah satu masakan olahan daging kambing beserta tulang kambing dengan sajian yang mirip seperti gulai kambing, Jika ingin menikmati tengkleng lain dari yang lain adalah tengkleng Yu Tentrem. Warung ini bukan berada di pinggir jalan atau sentra  kuliner di Solo, melainkan menyempil di gang kampung. Tengkleng Yu Tentrem yang berada di gang kampung beralamat di Kampung Ngadisono, RT. 04/RW 14 Kadipiro, Banjarsari, Kadipiro, Banjarsari.

Warung tengkleng Yu Tentrem memanfaatkan ruang tamu ukuran  6 x 9 meter. Ada satu set meja kursi tamu yang tertata. Di sisi kiri meja tamu ada dua set kursi meja warung. Walau warungnya seadanya, tengkleng ditempat ini  memiliki cita rasa yang khas. Tetelan dagingnya sangat empuk, kuahnya bening, dan tanpa bau prengus. Inilah yang menjadi ciri khas dari tengkleng Yu Tentrem. Begitu disantap, rasa kuahnya gurih, asam, pedas dan asin. Rasanya tidak eneg, tetapi segar. Rasa nikmat itu berasal dari campuran belasan bumbu rempah seperti lengkuas, serai, kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, daun salam, ketumbar, dan lengkuas,”Bumbu-bumbu tersebut direbus bersama tulang kambing, termasuk bagian kepala kambing. Biar bumbunya meresap hingga ke tulang

Tengkleng Yu Tentrem juga menjadi favorit para pejabat. Sejak zaman Soeharto, banyak pejabat yang memesan hingga makan di tempat. Pejabat eselon di kementerian juga sering  memesan tengkleng ini.  Setiap harinya, tempat ini menghabiskan enam-tujuh ekor kambing, Satu porsi tengkleng Yu Tentrem terbilang cukup murah, Rp 35.000. Itu pun termasuk nasi, minuman es teh, dan jeruk. Sementara, harga untuk pesanan juga cukup murah. Untuk kuali kecil Rp 900.000, kuali sedang Rp 1.000.000 dan kuali besar Rp 1.200.000.

Tengkleng Yu Tentrem tidak mengenal hari libur, dibuka jam 10.00 WIB, paling jam dua siang sudah habis, Tetapi jika tidak ingin kecewa, ada baiknya bisa telepon dulu. Karena kalau sudah habis, tidak akan memasak kembali dan harus menunggu sehari setelahnya bisa telepon ke nomor telepon (0271) 854852, 081329349340 tutur Winarno pemilik warung.

 

 

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

34

Visitors today

19

Visits total

425,503

Visitors total

330,764

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta