Pemerintah Kota Surakarta
Wayang Orang Sriwedari Turut Mewarnai Pawai Budaya Apeksi XIII 2018
  July 25, 2018 14:00

Rabu (25/7) Rakernas Apeksi XIII 2018 diwarnai dengan Pawai Budaya yang menyuguhkan berbagai aksi menarik dan kesenian dari berbagai ragam daerah di Nusantara. Masing-masing kota juga menampilkan beragam kesenian yang bertujuan untuk menonjolkan daerahnya. Begitu pula dengan Kota Surakarta yang menampilkan Wayang Orang Sriwedari. Kontingen Surakarta menampilkan 37 personil dengan tokoh utama Walikota FX. Hadi Rudyatmo sebagai Werkudoro, Istri Walikota Endang Prastyaningsih Arimbi, Sekda Budi Yulistyanto sebagai Arjuna, Eny Tiyasni Susana sebagai Kunti, Ahyani sebagai Ontorejo, dan jajaran OPD Kota Surakarta turut terlibat dalam pawai budaya ini.

Wayang Orang Sriwedari Pemerintah Kota Surakarta merupakan warisan seni tradisi leluhur yang mempunyai nilai Adiluhung. Dalam usianya yang ke-108 tahun, Wayang Orang Sriwedari tetap memberikan peran yang besar dalam menyajikan tontonan dan tuntunan. Tontonan menyajikan hiburan dan Tuntunan memberikan pelajaran dalam kehidupan yang harus selalu Memayu Hayuning Buwana.

Arak-arakan Pawai Budaya dilaksanakan di Jl. Yos Sudarso Tarakan dengan jarak tempuh 1 kilometer.  Di sepanjang jalan yang dilalui rombongan pawai, nampak warga yang antusias menyaksikan ragam tradisi dalam Pawai Budaya kali ini, tepat di Panggung Kehormatan Walikota Surakarta beserta Ibu menyerahkan cinderamata kepada Walikota Tarakan dan Ibu.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta