Welcome Dinner Rakernas APEKSI XIII di Kota Tarakan
July 24, 2018 23:00
Menu Makanan Rumah Makan Kusuma Sari
July 25, 2018 19:40

Wayang Orang Sriwedari Turut Mewarnai Pawai Budaya Apeksi XIII 2018

Rabu (25/7) Rakernas Apeksi XIII 2018 diwarnai dengan Pawai Budaya yang menyuguhkan berbagai aksi menarik dan kesenian dari berbagai ragam daerah di Nusantara. Masing-masing kota juga menampilkan beragam kesenian yang bertujuan untuk menonjolkan daerahnya. Begitu pula dengan Kota Surakarta yang menampilkan Wayang Orang Sriwedari. Kontingen Surakarta menampilkan 37 personil dengan tokoh utama Walikota FX. Hadi Rudyatmo sebagai Werkudoro, Istri Walikota Endang Prastyaningsih Arimbi, Sekda Budi Yulistyanto sebagai Arjuna, Eny Tiyasni Susana sebagai Kunti, Ahyani sebagai Ontorejo, dan jajaran OPD Kota Surakarta turut terlibat dalam pawai budaya ini.

Wayang Orang Sriwedari Pemerintah Kota Surakarta merupakan warisan seni tradisi leluhur yang mempunyai nilai Adiluhung. Dalam usianya yang ke-108 tahun, Wayang Orang Sriwedari tetap memberikan peran yang besar dalam menyajikan tontonan dan tuntunan. Tontonan menyajikan hiburan dan Tuntunan memberikan pelajaran dalam kehidupan yang harus selalu Memayu Hayuning Buwana.

Arak-arakan Pawai Budaya dilaksanakan di Jl. Yos Sudarso Tarakan dengan jarak tempuh 1 kilometer.  Di sepanjang jalan yang dilalui rombongan pawai, nampak warga yang antusias menyaksikan ragam tradisi dalam Pawai Budaya kali ini, tepat di Panggung Kehormatan Walikota Surakarta beserta Ibu menyerahkan cinderamata kepada Walikota Tarakan dan Ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *