Lomba Senam Solo Menyapu 2018
July 29, 2018 07:00

Grebeg Gunungan Warnai Hari Koperasi ke-71

Minggu (29/7/2018) bertempat di Halaman Benteng Vastenburg Kota Solo digelar acara Grebeg Gunungan yang dimulai dari halaman Balaikota berjalan menuju Tugu Pemandengan hingga Benteng Vastenburg. Acara ini dalam rangka memperingati Hari Koperasi yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2018, diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surakarta dalam hal ini Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah bekerjasama dengan berbagai koperasi yang ada di Surakarta.

Acara dihadiri oleh Walikota, Wakil Walikota, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, jajaran Organisasi Perangkat Daerah Kota Surakarta sertad iikuti oleh sejumlah 29 gunungan seperti KPRI UNS, KPRI Pasar Kliwon, Kokarda Surakarta, KSP Pandawa Jaya, Koperasi Mekar PDAM, Koperasi Ikhlas Kemenag Surakarta, KSU Monjari 45, KSP Kasih sentosa dan masih banyak lagi.

Grebeg gunungan ini dipersembahkan kepada masyarakat secara gratis, masyarakat turut antusias dalam memeriahkan acara. Berbeda dengan peringatan Hari Koperasi tahun sebelumnya yang mengadakan jalan sehat, hiburan, pembagian doorprize, pameran UKM. Kali ini doorprize diganti dengan gunungan berupa produk yang dimiliki oleh anggota koperasi, seperti batik, kerajinan tangan, makanan dan sebagainya. Tidak hanya grebeg gunungan saja, ada pembagian sembako sebanyak 500 paket kepada masyarakat, Tari Baduhi persembahan jajaran petugas keamanan ISI Surakarta dan Reog Singorogo persembahan Kosti Solo turut mewarnai dan meramaikan acara.

Tujuan diadakan acara ini disampaikan oleh Ketua Panitia Bapak Tumin. “Tujuan utama yakni memperbaiki citra koperasi untuk menunjang ekonomi guna menyejahterakan rakyat Indonesia, khususnya di daerah Solo dan di daerah lain pada umumnya. Pada dasarnya koperasi tidak hanya bergerak di bidang simpan pinjam saja tetapi juga menangani usaha-usaha lainnya.” Jelas Ketua Panitia. Beliau berharap bahwa dari gerakan-gerakan ini adalah mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia guna mewujudkan keadilan sosial yang merata. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat pada Peringatan Hari Koperasi, Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional.

Pada kesempatan ini Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo menyampaikan pentingnya koperasi bagi anggotanya. Koperasi jika dijabarkan ke dalam segi positifnya yaitu Kokoh dan Perkasa Rakyat Indonesia karena melalui koperasi ini, para pemilik UKM bisa terfasilitasi untuk mengembangkan usahanya. “Syarat mendirikan koperasi UKM paling pokok adalah ada kemauan dan kemampuan mendirikan koperasi serta mengelola sesuai dengan asas dan prinsip koperasi, kemudian memberikan transportasi dan akomodasi bagi para pemilik UKM, memberikan bekal pengembangan sumber daya manusia. Karena sejatinya koperasi adalah menyejahterakan dari anggota dan untuk anggota.” Imbuh Walikota.

Dalam rangka peringatan Hari Koperasi ke- 71, Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta memberikan berbagai macam penghargaan bagi koperasi-koperasi yang ada di Kota Surakarta. Salah satu yang mendapatkan predikat koperasi terbaik adalah koperasi PT. Telkom karena memiliki tata kelola keuangan yang baik dan menjalankan sesuai dengan asas dan prinsip koperasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *