Pemerintah Kota Surakarta
Sejarah Stasiun Jebres
  August 10, 2018 13:31

Stasiun Jebres adalah salah satu stasiun bersejarah di Kota Solo. Stasiun ini terletak di sebelah timur dari Jalan Urip Sumoharjo. Stasiun ini masuk sebagai Bangunan Cagar Budaya (BCB), bangunannya yang klasik masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Stasiun Jebres dibangun 1884 oleh Pemerintah Kasunanan Surakarta melalui perusahaan kereta api Hindia Belanda Staats Spoorwegen (SS). Hadirnya jalur kereta api yang melintas di Kota Solo ini tidak terlepas dari eksistensi Solo sebagai kota kerajaan (Kraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran). Pemerintah Hindia Belanda perlu melancarkan diplomasi dengan kerajaan yang ada di Kota Solo itu.

Tujuan pembangunan Stasiun Jebres oleh pemerintah Hindia Belanda untuk membantu pengangkutan barang berupa komoditas hasil tanaman industri seperti gula dan tembakau yang menjadi andalan wilayah Karesidenan Surakarta. Komoditas perkebunan tersebut kemudian dikirim dari Jebres menuju Pelabuhan Cilacap untuk dikirim ke Eropa. Pada perkembangannya, setelah Kroya-Cirebon tersambung pada tahun 1917, pengiriman dialihkan langsung menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Batavia.

Stasiun Jebres ini  mempunyai arsitektur megah dengan gaya arsitektur Indische Empire. Bangunannya berbentuk persegi panjang simetris dengan dua jendela melengkung di atas dua pintu utama menuju ke hall stasiun. Fasad atau eksteriornya memiliki detail dan banyak dipengaruhi aliran Neo-Klasik. Interiornya begitu indah dengan hadirnya pilar-pilar bergaya Corynthian Yunani maupun jeruji besi pada jendelanya yang bergaya Art Nouveau ala Belgia.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

3

Visitors today

2

Visits total

425,860

Visitors total

330,982

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta