Pemerintah Kota Surakarta
73 Gamelan Berkumandang Dalam Pembukaan International Gamelan Festival 2018
  August 9, 2018 16:45

Pemkot Solo menyelenggarakan perhelatan akbar kesenian tradisional bertajuk International Gamelan Festival (IGF). Gelaran yang akan diadakan di Benteng Vastenburg mulai 9-16 Agustus 2018 tersebut akan diikuti oleh ratusan kelompok gamelan. Mulai dari kelompok gamelan lokal, nasional hingga mancanegara. Ini adalah kali pertama IGF digelar di Indonesia. Event ini diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan mengangkat tema ‘Homecoming’ atau pulang kampung. Tema ini dipilih mengingat adanya puluhan maestro gamelan yang menyebarkan kesenian tersebut ke seluruh dunia pulang kampung ke tempat-tempat asal gamelan.

Nantinya, event International Gamelan Festival akan dihadiri setidaknya 19 kelompok gamelan luar negeri dan 33 kelompok gamelan dalam negeri, serta belasan peneliti/ahli gamelan. Sebanyak 19 kelompok gamelan luar negeri yang konfirmasi datang ialah dari Malaysia, Australia, Jepang, Thailand, Hungaria, Irlandia, Belanda, Inggris, dan Amerika. Rangkaian acara ini akan digelar di beberapa tempat ikonik Solo, seperti Benteng Vastenburg, Slamet Riyadi, Dalem Joyokusuman, Lokananta, Bentara Budaya Solo, dan lainnya.

Masyarakat pun dapat menikmati IGF dengan gratis. Tentu ini akan menjadi satu event yang mampu menarik wisatawan ke Solo. Selain itu, event ini juga akan dihadiri oleh sejumlah musisi ternama seperti Djaduk Ferianto, I Wayan Gede Yudane dan musisi lainnya. Pada kesempatan yang sama, Direktur Festival IGF 2018, Rahayu Supanggah, menjelaskan nantinya akan ada banyak kelompok gamelan yang ikut meramaikan gelaran ini. Untuk wilayah Soloraya atau eks Karesidenan Surakarta sebanyak 73 kelompok.

“Lalu ada dari kelompok nusantara yang mencapai 46 kelompok, ada juga kelompok gamelan dari mancanegara kurang lebih ada 19 kelompok,” terangnya. Walikota dalam sambutannya menjelaskan bahwa IGF adalah salah satu bukti bahwa gamelan merupakan ciri khas Bangsa Indonesia. 73 gamelan ini merupakan awal dari rangkaian HUT Republik Indonesia ke 73 dan saat ini sudah digelar dari Plasa Sriwedari hingga Gladag.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,530

Visitors total

330,780

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta