Pemerintah Kota Surakarta
Wayang Orang Masuk Sekolah
  August 23, 2018 13:00

Kamis (23/8) bertempat di SMP Bintang Laut telah digelar pentas Wayang Orang Sriwedari. Disaksikan seluruh siswa, guru dan wali murid.  Lakon yang dibawakan dalam pentas wayang orang ini adalah  bambangan cakil atau perang kembang yang bercerita tentang perang antara kesatria atau sifat baik dengan abimanyu melawan sifat buruk dengan tokoh buto, akhir cerita dimenangkan oleh sifat baik.

Sambutan dari Walikota yang disampaikan oleh Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Bambang menyampaikan pentingnya memperkenalkan tradisi atau budaya kepada anak yang akan melanjutkan perjalanan bangsa ini dan melalui kegiatan wayang orang masuk sekolah diharapkan dapat memotivasi generasi muda untuk melestarikan budaya leluhur di era teknologi informasi.

Wayang Masuk Sekolah merupakan Proyek perubahan yang digarap oleh Esti Andriani S.Sn.,M.Si dengan menghadirkan Wayang Orang beberapa sekolah yaitu di SMP Bintang laut dan SMP N 4 Surakarta yang dilaksanakan tanggal 23 dan 24 Agustus 2018. Kegiatan ini merupakan salah satu syarat menyelesaikan Diklatpim IV angkatan XVI tahun 2018.  Inovasi yang dibuat ini dengan harapan regenerasi wayang orang tidak punah dan semakin berkambang jelas Esti selaku Kepala Seksi Kesenian dan Diplomasi Budaya Dinas Kebudayaan.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,356

Visitors total

330,684

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta