Pemerintah Kota Surakarta
Damkar Adakan Sosialisasi Rutin Penanganan Kebakaran di CFD
  August 26, 2018 07:20

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solo menggelar sosialisasi penanganan kebakaran di Car Free Day (CFD), Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (26/7/2018) pagi. Ratusan warga turut hadir menyaksikan aksi para petugas Damkar memadamkan api.

Sekretaris Dinas Damkar Solo, Ashadi, mengatakan, acara merupakan program baru Dinas Damkar Kota Solo. “Ini sudah pekan ketiga digelar di CFD, merupakan program baru yang diinisiasi oleh Kepala Dinas Damkar,” jelasnya ditemui di lokasi.

Ashadi menerangkan, sudah menjadi tugas Damkar untuk melakukan sosialisai tentang bahaya kebakaran di masyarakat. Selain itu, masyarakat juga diberi wawasan dan keahlian dalam memadamkan api. “Kita adakan simulasi penanganan kebakaran yang sering melanda di rumah, seperti regulator tabung gas bocor dan konsleting listrik,” ungkapnya.

“Warga kita ajak aktif dan dapat mencoba praktek memadamkan api,” imbuhnya. Petugas Damkar juga memberikan tips cara menangani jika terjadi kebocoran gas untuk rumah tangga.

Berikut tipsnya :

  1. Jangan panik.
  2. Jika tercium gas, cabut regulator bawa tabung gas ke luar ruangan, buka jendela dan pintu biarkan gas keluar serta jangan menyalakan stop kontak listrik serta api.
  3. Jika terjadi kobaran api yang disebabkan oleh gas di alat masak atau pengorengan, padamkan api dengan cara menutup penggorengan dengan kain basah, lalu cabut regulator tabung gas.

Jika terjadi kebakaran bisa menghungungi nomer cepat respon Damkar di (0271) 710900. Ingin lebih tahu cara penanganan kebakaran, datang ke cfd tepatnya di sebelah timur loji gandrung jam 07.00 sd 08.30.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

19

Visitors today

14

Visits total

425,220

Visitors total

330,602

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta