Pemerintah Kota Surakarta
Miniatur Alat Transportasi, Kerajinan Limbah Kayu Dari Solo
  March 22, 2019 15:13

Banyak cara yang dapat ditempuh untuk menghasilkan karya cipta yang memiliki kebermanfaatan bagi diri sendiri maupun orang lain. Terlebih lagi dengan barang yang tidak ada nilai guna seperti limbah kertas, limbah kayu, limbah kain perca dan sebagainya, bisa diubah menjadi sesuatu yang digandrungi oleh masyarakat luas. Bermodalkan tekat dan usaha yang gigih, seorang pengrajin ekonomi kreatif yaitu Winarto warga RT 04/RW 06, Sumber, Banjarsari, Solo berhasil menyulap limbah kayu menjadi sesuatu yang dapat menambah nilai manfaat yakni miniatur alat transportasi yang dihasilkan dari limbah kayu jati seperti miniatur kereta uap, kereta kencana, kendaraan bermotor seperti moge Harley dan sebagainya.

Ide membuat kerajinan miniatur ini sejak tahun 2016 ketik ia melihat ada limbah kayu yang cukup banyak dari hasil penggergajian. Awalnya Winarto hanya meminta limbah kayu jati secara gratis untuk dijadikan karya cipta. Tidak lama kemudian setelah ia berhasil membuat karyanya, banyak peminat yang tertarik untuk memesan.

Dalam pembuatan miniatur tersebut tidaklah mudah melainkan harus memiliki bakat seni yang dipadukan dengan ketekunan dan ketelitian. Untuk menyelesaikan satu buah miniatur, ia membutuhkan waktu dua minggu hingga satu bulan. Harga moge Harley mencapai Rp. 250ribu/unit, kereta kencana berkisar antara Rp. 1juta hingga Rp. 2juta per unit dan kereta uap Rp. 2,5juta hingga Rp. 3juta.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

12

Visitors today

9

Visits total

427,334

Visitors total

331,903

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta