Pemerintah Kota Surakarta
HUT Langen Beksan Nemlikuran ke- 16 dan 100 tahun S.Ngaliman Tjondropangrawit 
  March 26, 2019 22:00

Kota Solo yang juga identik dengan kota yang masih kental dalam kegiatan dan menjunjung nilai seni dan budaya tradisionalnya selalu punya pesona dan keunikannya sendiri. Seperti halnya sebuah perayaan yang secara reguler diadakan setiap hari dalam satu bulan yang jatuh pada tanggal 26 yaitu malam Langen beksan nemlikuran

Pemilihan tanggal Nemlikur atau dalam bahasa Indonesia tanggal dua puluh enam ini sebagai malam midodareni sebelum hari jadi SMKN 8 Surakarta. Sejak saat itu pula jadwal pentas rutin setiap bulan selalu diadakan pada tanggal 26. Pagelaran ini selalu Dimeriahkan dengan berbagai sajian pementasan tari tradisonal yang di iringi gending gamelan. Pagelaran ini sendiri diadakan di pendapha smk N 8 terbuka untuk umum dan tidak di pungut biaya.

Sajian Pada 26 maret 2019 ini, bertepatan dengan spesial HUT Langen Beksan Nemlikuran ke 16 tahun dan 100 tahun S.Ngaliman Tjondropangrawit. selain tanggal 26 maret 2019 juga diadakan di tanggal 27 maret 2019. S Ngaliman adalah empu tari yang menciptakan tarian klasik jawa yang sekarang diajarkan di sanggar-sanggar tari, SMK N 8, dan Juga perguruan Tinggi acara ini  dimeriahkan dengan beberapa penampil tak hanya dari Murid SMK N 8 ada dari perguruan Tinggi Negri di kota Solo dan Luar Kota seperti bedhaya  retno dumilah (ISI Jogja) , Srimpen mangala retno (UNESA Surabaya), tari wiropertomo (ISI Surakarta) dan masih banyak lagi. Perayaan malam nemlikuran ini akan selalu diadakan dengan berbagai tema setiap bulannya,  yang tentunya akan memberikan sajian hiburan tradisional yang menarik bagi masyarakat yang menyaksikannya.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

427,444

Visitors total

331,970

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta