Pemerintah Kota Surakarta
Festival Dalang Cilik 2019 Resmi Ditutup
  March 28, 2019 21:00

Kamis (28/3/2019) bertempat di Pendhapi Gedhe Balaikota Surakarta, Festival Dalang Cilik resmi ditutup oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Bapak Kinkin Sultanul Hakim.

Acara yang digelar selama dua hari sejak tanggal 27-28 Maret 2019 ini sukses dilaksanakan. Terdapat 20 peserta dari kategori A (kelas 1 – kelas 3 SD) dan kategori B (kelas 4 – kelas 6 SD) terverifikasi yang berasal dari berbagai sanggar seni dan sekolah di Kota Solo.

Kinkin berharap bahwa event ini bisa menjadi suatu upaya Pemerintah Kota Surakarta untuk melestarikan budaya salah satunya adalah wayang kulit, juga meningkatkan kreatifitas bagi anak-anak yang suka dan mahir menjadi dalang cilik. “Semoga kegiatan ini dapat menjadi gaung dan branding kota Surakarta sebagai kota budaya,” ungkapnya.

Beliau juga berpesan kepada seluruh anak-anak di Solo untuk terus mengasah ketrampilan dan kemampuan yang dimiliki sehingga nantinya dapat berprestasi dan bermanfaat bagi bangsa dan negara. “Yang belum berjuara saat ini tetaplah berlatih dan jangan menyerah, karena gagal merupakan awal keberhasilan,” terangnya.

Acara ditutup dengan penyerahan hadiah berupa sertifikat, uang pembinaan, dan piala kepada dhalang terbaik dan dhalang favorit.

Pemenang Dhalang Cilik terbaik dari kategori A sebagai berikut :

  1. Gibran Maheswara Javas S. yang membawakan lakon Anoman Obong dengan perolehan nilai 925, berasal dari SD Muhammadiyah I Ketelan.
  2. Yusuf Ratda Mulya yang membawakan lakon Bima Bungkus dengan perolehan nilai 918, berasal dari SD N Sekip II No. 15.
  3. Ainullah Khoirul Azam yang membawakan lakon Anoman Duta dengan perolehan nilai 904, berasal dari SD N Jagalan.

Pemenang Dhalang Cilik terbaik kategori B sebagai berikut

  1. Rengga Mega Atmaja yang membawakan lakon Ngguru dengan perolehan nilai 947, berasal dari SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari.
  2. Handika Dhimas Sri Cahyanto yang membawakan lakon Kangsa Lena dengan perolehan nilai 901, berasal dari SD N Cengklik.
  3. Resendriya Apta Pratista yang membawakan lakon Dewa Ruci dengan perolehan nilai 898, berasal dari SD N Jagalan.

Sedangkan juara favorit kategori A diperoleh Arka Phinandhita Arsaja yang membawakan lakon Gatotkaca Winisuda (SD N Cemara Dua No. 13), juara favorit kategori B diperoleh Dendra Ramadhani Putra (SD N Kleco I).

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

23

Visitors today

14

Visits total

425,319

Visitors total

330,660

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta