Pemerintah Kota Surakarta
Es Dawet Telasih, Dawet Legendaris Bu Dermi
  April 13, 2019 08:45

Kota Solo biasa dikenal dengan kota kuliner, mulai dari kuliner tradisional hingga modern. Saat Anda berkunjung ke Solo, wajib hukumnya untuk mencoba berbagai macam kuliner yang dijual di kota ini. Salah satunya adalah es dawet telasih Bu Dermi yang bertempatkan di Pasar Gedhe, letaknya tidak jauh dari Balaikota Surakarta yakni di Jl. Jenderal Urip Sumoharjo. Perlu diketahui bahwa Pasar Gedhe tidak hanya menyediakan bahan makanan pokok sehari-hari tetapi juga kuliner-kuliner legendaris pun ada di sini.

Es dawet telasih ini disajikan dalam mangkuk yang berisi cendol warna hijau, bubur sumsum, tape ketan, biji selasih, cincau, es batu dan sirup kemudian disiram dengan santan. Sangat cocok untuk disantap pada siang hari karena sajiannya sangat menggiurkan lidah. Lokasinya mudah ditemukan, karena paling ramai dikunjungi pembeli jika dibandingkan dengan pedagang es yang lain. Buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore. Satu porsinya dijual dengan harga Rp. 9.000,-.

Warung ini sangat melegenda di Kota Solo karena telah ada sejak Pasar Gedhe dibangun pada tahun 1930. Sampai saat ini telah ada tiga generasi yang menjalankan usaha Es Dawet Telasih Bu Dermi, yang mana saat ini dijalankan oleh Rut Tulus Subekti.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta