Pemerintah Kota Surakarta
Dialog Publik Percepatan Penurunan Stunting Melalui Media Tradisional
  May 25, 2019 22:00

Sabtu (25/5/2019) Bertempat di lapangan Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama Pemerintah gelar komunikasi media tradisional melalui pertunjukan wayang kulit oleh Dalang Ki Warseno Slenk dan Ki Amar Pradopo dengan lakon Kanthi Lampahan Bathorokolo Sirno. Acara ini bertajuk “Dialog Publik Percepatan Penurunan Stunting Melalui Media Tradisional guna Mewujudkan Indonesia Sehat, Damai dan Sejahtera.”

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Surakarta Ir. Ahyani, MA. beserta jajarannya, Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemenkominfo Drs. Wiryanta, MA.,Ph.D. Deputi IV Kemenko PMK Abu Nasir, M.Pd.

Pada kesempatan ini Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyampaikan bahwa inti dari kegiatan ini adalah bagaimana membangun sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk menuju bangsa yang maju, unggul di tahun 2045 dan masuk ke jajaran paling tidak 4 besar negara di dunia.

SDM sangatlah penting, bukan hanya mengenai kompetensi ketrampilan tetapi juga kecerdasan emosianal. Marilah kita merajut persatuan kebangsaan dan juga kerukunan umat beragama tanpa membedakan agama, suku ras, kaya ataupun miskin. Ini merupakan salah satu kunci yang bisa diwujudkan dalam rangka mewujudkan keadilan sosial. Seperti dikutip pada acara tanggal 20 Mei kemarin sebagai hari kebangkitan naional, bahwa bangkit untuk bersatu itu sangat penting. “Mari meneladani pancasila sebagaimana disampaikan Bung Karno kalo diperas menjadi satu kata menjadi gotong royong. Ini hakikat bangsa menjadi berdiri kokoh sepanjang masa apabila kita tidak lelah bersatu gotong royong,” ungkapnya.

Kemudian Sekda juga mengharapkan masyarakat dapat memahami pesan dan hiburan wayang kulit. “Selain itu kami mendukung penuh pemenuhan gizi pada anak usia dini guna menurunkan stunting. Perkembangan dan pertumbuhan anak harus menjadi perhatian sejak dini. Pada dasarnya diperlukan pendekatan komprehensif,” ujarnya.

Acara dibuka oleh Sekda Surakarta. Ditandai dengan penyerahan figur gunungan dari Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemenkominfo kepada Sekda dan diberikan kepada Ki Warseno Slenk. Dilanjutkan panel diskusi dan pagelaran wayang kulit.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta