Pemerintah Kota Surakarta
109 Tahun Wayang Orang Sriwedari Tetap Eksis
  July 20, 2019 21:00

Pagelaran spesial Hari Ulang Tahun yang ke 109 tahun Wayang Orang Sriwedari telah dipentaskan di Gedung Wayang Orang Sriwedari pada Sabtu malam (20/7/2019 ).

Pagelaran wayang orang ini didukung oleh seniman-seniman wayang orang berasal dari berbagai komunitas dan instansi seperti Institut Seni Indonesia Surakarta, SMK Negeri 8 Surakarta, Wayang Orang RRI, Sanggar Swargaloka Jakarta, serta beberapa seniman dari daerah seperti Sragen, dengan menampilkan lakon mahabaratha Adiratha yang mengkisahkan pandhawa dari awal perjuangan hingga memenangkan perang Barathayudha.

Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo dalam Kesempatan ini memberikan ucapan selamat ulang tahun wayang orang Sriwedarai yang ke 109 dan melakukan pemotongan tumpeng untuk membuka pagelaran spesial HUT Wayang Orang Sriwedari.

Dalam sambatunnya Walikota menyampaikan semoga di hari ulang tahun ini, wayang orang sriwedari semakin dicintai oleh masyarakat yang ada di Surakarta dan Indonesia pada umumnya.

“Kami menyambut baik dengan adanya kegiatan-kegiatan setiap tahun diadakan ulang tahun dan kegiatan lainnya, tujuan utama adalah untuk memasyarakatkan kembali seni dan budaya khususnya wayang orang kepada masyarakat dan ini diikuti kelurahan yang ada di kota Surakarta. Semoga di masing-masing wilayah mau dan mampu mengeluarkan potensi-potensi yang ada, ini merupakan salah satu dukungan untuk kota Solo sebagai kota kreatif seni pertunjukan dunia yang tentunya salah satunya adalah Wayang Orang Sriwedari,” terangnya.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,466

Visitors total

330,742

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta