Pemerintah Kota Surakarta
Upacara Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 74 di Surakarta
  August 17, 2019 10:15

SOLO – Hari ini, Sabtu 17 Agustus 2019 bertempat di Stadion Sriwedari, Pemerintah Kota Surakarta mengadakan Upacara Bendera memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 “Persatuan Indonesia Menjadikan Bangsa Yang Cemerlang”.

Acara diawali dengan persembahan Tari “Bregodo Sekar Soemirat” tarian ini persembahan dari Sanggar Tari Soerya Soemirat yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo, membacakan sambutan Gubernur Jateng mengatakan :

  1. Dalam masa perjuangan setelah kemerdekaan ini sudah semestinya kita tidak membedakan suku, agama atau pun ras. Tak peduli warna kulit, rambut, jenis kelamin, kaya atau pun miskin. Semua sama di mata negara.
  2. Pancasila sebagai dasar Republik adalah harga mati, tidak bisa ditawar.
  3. Tekad kebersamaan, senasib sepenang-gungan inilah yang terus kita emban untuk menghadapi zaman.
  4. Jangan lagi ada niatan mengganti ideologi bangsa, jangan lagi ada ungkapan, “Ah kamu Batak, ah kamu Irian, ah kamu Bugis, ah kamu Sunda, ah kamu Madura, ah kamu Jawa.”
  5. Jangan biarkan anak-anak kita hanya jadi penonton atas keberhasilan bangsa lain. Kita siapkan mereka saat ini, kita bekali mereka dengan ilmu pengetahuan dan semangat toleran, agar mereka juga bisa sampai ke Bulan, ke Mars, dan Galaksi lain.

Dan yang terakhir kita akan mampu kita hadapi dengan satu senjata, kebersamaan. Persatuan Indonesia ! yang menjadikan bangsa ini cemerlang.

Di akhir Upacara Walikota Surakarta memberikan sertifikat kepada 5 warga Surakarta melalui Program Operasi Agraria Daerah (Proda) 2019 dan Remisi Umum kepada 5 orang narapidana.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

11

Visitors today

8

Visits total

425,336

Visitors total

330,671

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta