Pemerintah Kota Surakarta
Kali Pepe Menjadi Sasaran Aksi Bersih-bersih Sungai
  September 28, 2019 09:00

SOLO – Sabtu (28/9/2019) bertempat di sepanjang Kali Pepe, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS) bersama Pemerintah Kota Surakarta dan Komunitas Peduli sunga melaksanakan Aksi Bersih-bersih Sungai dalam rangka kongres sampah tahun 2019 dan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA) dengan tema “Resik-resik Susur Sungai dan Jaga Kali”. Tujuannya adalah memotivasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar sungai sehingga menumbuhkan budaya memiliki dan memelihara kebersihan sungai serta menyampaikan informasi kepada masyarakat atau stakeholder mengenai dampak yang ditimbulkan atas kelalaian manusia karena tidak peduli terhadap lingkungan.

Kali Pepe merupakan sungai yang berlokasi di tengah perkotaan yang memiliki panjang kurang lebih 60 km dengan wilayah administratif di kabupaten Karanganyar, Kabupaten Boyolali dan Kota Surakarta. Setiap tahunnya kondisi di Kali Pepe dapat menyebabkan banjir dan meluapnya pembuangan sampah oleh masyarakat.

Ketua Panitia dari BBWS Sri Wahyu Kusumastuti menyampaikan kita harus selalu aktif melakukan terobosan dan aksi nyata untuk menggugah kepedulian masyarakat dalam menjaga dan mengembalikan fungsi keasrian sungai. Harapannya dapat memberikan kesadaran pada masyarakat bahwa mereka tidak hanya memiliki hak sebagai pengguna atau pemanfaat air sungai tetapi juga memiliki tanggungjawab dan menjaga kelestarian sungai sehingga permasalahan terkait air sungai dapat dipecahkan bersama melalui solusi yang efektif dan tepat sasaran.

Pada Kesempatan ini pula, Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo berpesan “air jangan disia-siakan, air jangan dipandang sebelah mata karena air adalah sumber kehidupan. Tanpa air makhluk hidup bisa mati, kegiatan kali ini merupakan tindakan awal yang harus kita jaga sehingga kali pepe menjadi wisata air dapat terealisasi.”

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta