Pemerintah Kota Surakarta
Peresmian Toilet Wisata Kampung Batik Laweyan
  October 2, 2019 11:05

Hari Rabu, 2 Oktober 2019 bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Pada kesempatan ini pula peringatan hari batik dipusatkan di Kota Solo untuk tahun ini setelah tahun lalu dipusatkan di Yogyakarta.

Bertempat di Jembatan Wulung Kecamatan Laweyan, Walikota Surakarta yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Hasta Gunawan meresmikan Toilet Wisata Kampung Batik Laweyan. Hadir pula Kepala Organisasi Perangkat Daerah beserta masyarakat di sekitar Kampung Batik Laweyan. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi atas pembangunan Toilet Wisata Kampung Batik Laweyan sebagai salah satu fasilitas mutlak diperlukan khususnya untuk memenuhi kebutuhan sanitasi para wisatawan.

Penyediaan fasilitas publik termasuk toilet merupakan suatu hal yang wajib ada dalam mewujudkan masyarakat yang waras. Toilet merupakan fasilitas kesehatan yang mendasar bagi manusia karena tidak setiap rumah tangga memiliki toilet sendiri, hal ini dibuktikan adanya toilet komunal di wilayah yang padat penduduknya.

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Solo, Kampung Batik Laweyan perlu meningkatkan amunitas pariwisata seperti tempat makan, kuliner, fasilitas umum lainnya seperti sarana ibadah, taman termasuk penyediaan toilet semakin meningkatkan jumlah kunjungan para wisatawan yang berkunjung ke Kampung Batik Laweyan.

Kepala Dinas Pariwisata tersebut mengajak warga masyarakat untuk terus melestarikan 5 budaya masyarakat Solo yakni budaya gotong royong, budaya memiliki, budaya merawat, budaya menjaga, budaya mengamankan Kota Solo beserta isinya. “Marilah kita jaga dan rawat bersama toilet yang telah dibangun ini. Jangan sampai hanya membangun saja setelah itu dibiarkan begitu saja,” terangnya.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta