Pemkot Surakarta Tandatangani MOU dengan BTN untuk Layanan Bayar Pajak Online

Pemerintah Kota Surakarta dan Bank BTN sepakat menandatangani nota kesepakatan kerja sama (MoU) penyediaan dan pemanfaatan layanan jasa perbankan, pembayaran pajak daerah, di Rumah Dinas Walikota Surakarta, Loji Gandurng, Rabu(23/10/2019). Penandatanganan MoU ini dilakukan langsung oleh Walikoota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo.

“Dengan adanya pelayan pembayaran online memudahkan para wajib pajak untuk membayar dan masyarakat sendiri sudah banyak yang menggunakan pembayaran pajak secara online. Kesadaran wajib pajak sendiri juga sudah membayar pajak tepat waktu karna kemudahan yang sudah dibangun Pemerintah Kota Surakarta. Untuk 2 tahun terakhir ini sudah ada kenaikan hampir 136 milyar dengan angka kenaikan 21%. Akan dilakukan lagi optimalisasi dalam sistem yang sudah terbangun.” Ujar Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), Yosca Herman Soedrajad dalam laporannya.

“Bank BTN akan mensupport dalam pembayaran transaksi non cash, memfasilitasi pembayaran pajak, memfasilitasi pembayaran Retribusi, dan Cash manajemen untuk meningkatkan fasilitas dalm pembayaran non tunai.” Ujar Sri Nuryanti Ekaningsih, Sakku Regional Bank BTN.

Dalam sambutannya Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudiyatmo mengatakan. “Dengan pembayaran pajak lewat online masyarakat tidak mencurigai lagi dengan pemerintah. Saya juga mengapresiasi dengan adanya keseriusan temen – teman Pemerintah Kota membangun sehingga banyak hal yang tercapai hingga saat ini. Dengan adanya pembayaran pajak online PAD Kota Surakarta naik sangat pesat. Kerjasama yang dibangun ini bertujuan juga untuk menghilangkan pungli di Pemerintah Kota Surakarta. Di hari baik ini saya berterimakasih sudah bisa melakukan penandatangan secara baik dan lancar karna tujuan kita bersama juga untuk kebaikan Pemerintah Kota Surakarta. Kerjasama ini saya harap tidak sampai disini saja, dan ke depan akan ada hal – hal baik yang bermanfaat bagi masyarakat Kota Solo.”

Pemkot Surakarta menggandeng Bank BTN dalam penyediaan layanan pembayaran pajak. Layanan pembayaran PBB tersebut langsung terkoneksi secara live dengan data Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Surakarta. Warga Solo juga bisa mengecek transaksi mereka lewat aplikasi Solo Destination yang dapat didownload di Playstore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This