Kampung Sayur di Kota Solo

Tahukah Anda bahwa Kota Solo memiliki kampung yang di dalamnya banyak aktifitas warga menanam sayuran di dekat rumahnya? Perlu diketahui bahwa kampung sayuran tersebut terletak di Ngemplak Sutan Mojosongo, Kota Surakarta.

Pada waktu itu kampung tersebut tidak begitu banyak yang mengetahuinya. Tetapi sejak tahun 2013 muncullah gerakan pemberdayaan masyarakat sehingga kampung bisa dikenal oleh  masyarakat luas. Dari anak-anak sampai lansia terlihat sibuk dengan aktivitas baru yaitu menanam bermacam-macam sayuran di berbagai lingkungan rumah yang sekiranya ada tanah kosong, halaman rumah dengan prinsip tidak ada lahan yang luput dari polybag berisi tanaman. Hal tersebut membuat suasana kampung menjadi sejuk dan asri.

Kini masyarakat di kampung Ngemplak Sutan bekerjasama dengan Rumah Zakat dan Cita Sehat sejak tahun 2013 dengan program “Kebun Gizi” di mana produk tersebut merupakan produk pemberdayaan kesehatan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat mandiri guna mendukung ketahanan pangan di Indonesia.

Sampai saat ini kampung tersebut menjadi tujuan utama agrowisata, pernah dikunjungi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada tahun 2016 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This