Pemerintah Kota Surakarta
Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI
  January 23, 2020 11:58

Kunjungan kerja Komisi X DPR RI ke Surakarta dibuka dengan sambutan dari ketua rombongan, Agustina Wilujeng Pramestuti, SS pada Kamis (23/1/2020) bertempat di Bale Tawangarum. Kunjungan ini dimaksudkan untuk pengembangan pendidikan non formal yang ada di Surakarta dan pemaparan anggaran untuk pendidikan non formal itu sendiri.

Dalam sambutannya Walikota Surakarta, FX. Rudyatmo memaparkan bahwa banyak kegiatan yang diadakan untuk mendukung pendidikan non formal di kota Surakarta. Salah satunya adalah kegiatan PNF Festival yang sudah berlangsung selama 2 tahun belakangan, acara tersebut merupakan bentuk untuk mengapresiasi masyarakat yang telah mengikuti pelatihan.

Kota Surakarta sebagai salah satu kota yang terkenal dengan pendidikan dan kebudayaannya juga sangat mendukung pendidikan non formal yang ada. Hal tersebut mengacu pada UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas yang tertera dalam peraturan pemerintah.

Lembaga Kursus dan Pelatihan di kota Surakarta juga sangat eksis dengan jumlah 124 LKP yang tersebar di tiap kecamatan dengan jumlah serapan lulusan sebanyak 75 – 90% serapan. Dalam hal ini, Fx. Rudyatmo juga menyampaikan bahwa LKP di Surakarta harus lebih kreatif dan inovatif agar benar-benar menjadi SDM yang unggul dan dapat dipercaya kualitasnya. Selain itu kota Surakarta juga mempunyai PKBM yang mewadahi masyarakat kurang mampu atau pun anak putus sekolah agar dapat mengikuti kejar paket. Terakhir, FX. Rudyatmo berharap agar kartu pra kerja segera diluncurkan agar angka kemiskinan dan pengangguran di kota Surakarta berkurang.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta