Pemerintah Kota Surakarta
Bening Kekasihku Permudah Urusan Pascanikah
  January 24, 2020 10:46

Usai ijab kabul dan resepsi pernikahan, bukan berarti tanggung jawab pasangan telah berakhir. Selain harus menyiapkan mental, fisik dan keuangan guna mengarungi bahtera rumah tangga, pembaruan berkas administrasi kependudukan menjadi hal penting lain yang tak bisa diabaikan begitu saja.

Maklum, status perkawinan mereka dipastikan sudah berganti dari “belum menikah”, “cerai hidup” maupun “cerai mati”, menjadi “menikah”. Status tersebut harus tertera dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK).

“Hal ini kadang-kadang tidak disadari oleh pasangan yang baru menikah. Mereka menganggap segala urusan telah selesai di Kantor Urusan Agama (KUA), sehingga tidak langsung mengurus perubahan berkas-berkas itu. Padahal status lama bisa mendatangkan kesulitan pada kemudian hari,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surakarta, Yohanes Pramono.

Kesulitan yang dimaksud Pramono, salah satunya terjadi tatkala pasangan tersebut memiliki buah hati. “Proses pengurusan akta kelahiran sang anak jelas tidak bisa dilakukan, jika status perkawinan kedua orang tuanya belum diubah.”

Tak ingin kebiasaan sebagian pasangan itu berlanjut, Pemkot lantas memutuskan mengintegrasikan layanan pembaruan dokumen kependudukan dengan layanan pencatatan perkawinan. Kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) pun dilakukan, hingga tercetus program baru bernama Berkah Nikah Ganti KK KTP Sesuai Impian dan Harapanku (Bening Kekasihku).

“Jadi begitu ada pasangan yang menikah di KUA, selain mendapatkan buku nikah, mereka bisa langsung mendapatkan KK dan KTP yang sudah di-update status perkawinannya. Dengan demikian tidak perlu wira-wiri mengurus ke Dispendukcapil,” tegas Pramono.

Istimewanya, pemberian dokumen kependudukan dengan pembaruan status perkawinan itu, imbuh dia, dilakukan pada hari H prosesi pernikahan di KUA. “Begitu berkas-berkas pernikahan diserahkan calon mempelai ke KUA sebelum hari H, petugas KUA langsung mengirimkan data-data pasangan kepada kami. Setelah lolos verifikasi oleh petugas Dispendukcapil, KTP dan KK baru itu bisa langsung dicetak. Sehingga bisa diserahkan usai pernikahan,” beber Pramono.

Alhasil, selain meringankan kewajiban pasangan dalam memperbarui dokumen kependudukan mereka, Bening Kekasihku juga menguntungkan Pemkot. “Kami bisa langsung meng-update data warga, untuk menjaga tertib administrasi kependudukan,” tandas Pramono.

Uji coba program itu dilakukan sejak November 2019 dan diterapkan per Januari. “Yang jadi catatan, pembaruan data otomatis itu hanya berlaku jika pasangan sama-sama ber-KTP Surakarta. Jika salah satunya berasal dari luar kota, kami tetap bisa melayaninya sepanjang yang bersangkutan mengajukan izin pindah ke Kota Surakarta,” terang dia.

Mus’tain Ahmad selaku Kepala Kantor Kemenag menekankan, pembaruan KTP maupun KK pascapernikahan membutuhkan niat dan kesediaan dari pasangan.”KTP itu berlaku seumur hidup. Jadi ketika ada perubahan data apapun, termasuk pernikahan, ya selamanya akan tertulis begitu sampai perubahan datanya diurus si pemilik. Padahal seringkali pasangan dihadapkan kepada urusan-urusan lain atau awang-awangen kalau membayangkan antrian di loket Dispendukcapil. Baru kalau butuh KK atau KTP terbaru, mereka biasanya grobyakan,” jelas dia.

Untuk itulah Bening Kekasihku dianggap Mus’tain menjadi jawaban atas permasalahan klasik tersebut. Bahkan sekalipun belum menggunakan aplikasi khusus, ia menjamin proses pembaruan data tersebut tidaklah rumit.

“Sudah ada jalur koordinasi, termasuk menentukan person in charge (PIC) di masing-masing KUA dan Dispendukcapil. PIC itulah yang saling berkomunikasi, dalam menjalankan progam ini.”

Apalagi berdasarkan catatan Kemenag, di Solo terdapat tak kurang 3.500 pencatatan pernikahan di lima KUA setiap tahunnya. “Ini menjadi bentuk keterlibatan negara dalam urusan pelayanan publik. Memangkas birokrasi untuk memudahkan masyarakat,” tandas Mus’tain. (**)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta