Manfaatkan Mobil Pelayanan Dispendukcapil di CFD
February 9, 2020 07:45
Hangatnya Jahe Gepuk Babe Haryanto
February 10, 2020 20:52

RSDM Peringati Hari Kanker Sedunia

Minggu (9/2/2020) bertepatan dengan kegiatan Solo Car Free Day (CFD), Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi menggelar acara peringatan Hari Kanker Sedunia di halaman Bank Jateng Jl. Slamet Riyadi. Perlu diketahui bahwa hari kanker sedunia jatuh setiap tanggal 4 Februari.

Pada kesempatan ini Wakil Direktur Pelayanan RS. Dr. Moewardi dr. Suharto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud bakti sosial insan rumah sakit kepada masyarakat. “Harapannya acara dapat bermanfaat bagi masyarakat, terlebih pengetahuan mengenai penyakit kanker,” ungkapnya.

Fokus acara ini adalah kampanye dan talkshow tentang kanker oleh dokter spesialis radiologi Rita Budianti, dokter spesialis kandungan Hermawan Udiyanto dan dokter spesialis paru Yusup Subagio.

Pada talkshow ini, pada dasarnya kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan berbagai macam pertumbuhan yang tidak dapat dikontrol oleh tubuh. Salah satu hal yang harus ditanamkan dalam jiwa agar terhindar dari kanker adalah WASPADA. Di mana WASPADA memiliki arti tersendiri, sesuai yang disampaikan oleh dr. Rita yakni :
Waspadai terhadap adanya kelainan waktu buang air besar dan buang air kecil yang tidak normal.
Andeng-andeng (tahi lalat) yang mengalami perubahan dan pertumbuhan yang cepat, gatal-gatal luar biasa atau luka.
Suara serak atau batuk yang sifatnya terus menerus.
Payudara atau tempat lain yang muncul benjolan yang seharusnya tidak ada.
Alat pencernaan yang terganggu atau ada gangguan menelan.
Darah yang keluar secara upnormal dari rongga manapun.
Adanya borok atau luka yang tidak sembuh-sembuh.

Gejala dini kanker tidak ada rasa sakit dan masyarakat dihimbau untuk segera periksa ke dokter jika terjadi keanehan pada tubuh.

Serangkaian acara lainnya yakni senam bersama, cek kesehatan secara gratis meliputi cek kolesterol, asam urat, gula darah, dan cek tekanan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *