Pemerintah Kota Surakarta
Wali Kota Surakarta Resmikan Pasar Sidodadi
  February 7, 2020 10:10

Peningkatan fasilitas terus dikembangkan Pemerintah Kota Surakarta guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera dalam perekonomian.

Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo didampingi Wakil Walikota Achmad Purnomo beserta Sekretaris Daerah Kota Surakarta Ir. Ahyani meresmikan Pasar Sidodadi Jumat, (7/2/2020).

Pasar Sidodadi berlokasi di Jl. Slamet Riyadi, Karangasem, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. Memiliki Luas 710 meter persegi, Luas bangunan lantai 1 dan lantai 2 1060 meter persegi. Sumber dana atau pendanaan dibiayai oleh 2 anggaran yakni angaran dari DAK (Dana Alokasi Khusus) dan APBD Kota Surakarta, Waktu pelaksanaan pembangunan dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli 2019 dan berakhir pada 27 November 2019.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi menyampaikan bahwa Bangunan Pasar terdiri dari 2 lantai, lantai 1 memuat 16 kios, 87 los dan lantai 2 memuat 16 plataran dan tempat parkir

“Karena pada saat perencanaan dulu dari tokoh-tokoh masyarakat karangasem menyatakan bahwa tempat parkir di pasar sidodadi ini kalau pagi menutup akses lalu lintas sehingga pada saat perencanaan kita siapkan parkir di atas bermaksud supaya akses lalu lintas masuk kampung dapat berjalan dengan lancar,” ujar Heru.

Fasilitas yang di siapkan yakni berupa toilet, pos satpam, mushola dan tempat parkir. Penempatan pedagang yang berjumlah 119 juga telah selesai di laksanakan yang berdasarkan pada zonasi basah, zonasi gerabah dan zonasi kering.

Pada kesempatan ini Wali Kota Surakarta dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan Pasar Sidodadi ini merupakan perwujudan dari keluhan masyarakat. “Pasar sidodadi yang sudah kita bangun di depan masih menyisakan persoalan yaitu tentang jalan yang tidak bisa dimanfaatkan maupun di pakai untuk lalu lintas dengan nyaman dan lancar, sehingga dengan adanya keluhan-keluhan dari warga masyarakat Pemerintah Kota Surakarta mengambil langkah untuk menyiapkan tempat kepada para pedagang dan menyiapkan tempat parkir di lantai 2,” tegas Walikota. Walikota juga berharap dengan diresmikannya pasar Sidodadi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya para pedagang untuk menarik minat pembeli.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta