Pemerintah Kota Surakarta
Kelurahan Terbaik Nasional di Solo Jadi Rujukan Studi Banding Pemkot Solok
  March 5, 2020 11:14

Pemerintah Kota Surakarta dalam hal ini Kelurahan Mangkubumen menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Solok di Sasana Krida Warga Mangkubumen, Kamis (5/3/2020). Rombongan yang berjumlah 43 orang ini dipimpin oleh Drs. Muhammad, M.Si. Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Solok dan diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Surakarta Kinkin Sultanul Hakim.

Dalam sambutannya Ketua Rombongan menyampaikan terima kasih atas penerimaan yang ramah dari Pemkot Surakarta dan menyampaikan tujuan kunjungan kerja kali ini adalah studi banding tentang peningkatan Kelembagaan dan SDM Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan Mangkubumen, yang mana Kelurahan ini pernah menyabet penghargaan Kelurahan terbaik tingkat nasional. “Kami ingin belajar banyak tentang manajemen sumber daya dari Solo, utamanya tentang bagaimana Mangkubumen bisa memberdayakan masyarakatnya hingga dinobatkan sebagai kelurahan terbaik tahun 2019. Juga Solo terkenal akan pelestarian budaya dan pergerakan ekonomi yang terus meningkat,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini pula Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Surakarta mengungkapkan Solo memiliki sejarah panjang 275 tahun lamanya hingga saat ini sudah menjadi kota modern namun nuansa masih tetap berkebudayaan. “Berkat usaha dan inovasi yang disinergikan antara pemerintah dan masyarakat memberi dampak positif bagi Kota Surakarta, tidak hanya di Mangkubumen saja tetapi bisa dirasakan seluruh lapisan masyarakat,” ujar Kinkin.

Dilanjutkan dengan pemaparan asal muasal Mangkubumen bisa jadi Kelurahan terbaik se-Indonesia oleh mantan Lurah Mangkubumen yang sekarang menjabat sebagai Sekretaris Camat Banjarsari, Beni Supartono Putro. Dalam paparannya beliau mengungkapkan capaian ini dihasilkan berkat kerjasama seluruh elemen masyarakat dan pemerintah utamanya Kelurahan Mangkubumen didukung oleh OPD, Camat dan tentunya Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Sekretaris Daerah. “Untuk mendapatkan itu semua sangat dibutuhkan 3 prinsip dalam bekerja yakni Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, dan Kerja Ikhlas,” tutur Beni.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

31

Visitors today

21

Visits total

425,356

Visitors total

330,684

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta