Pemerintah Kota Surakarta
Lomba Kelurahan Tingkat Kota Surakarta
  March 10, 2020 10:54

Bertempat di Bale Tawangarum Komplek Balaikota Surakarta Wakil Walikota Surakarta Ahmad Poernamo membuka Lomba Kelurahan Tingkat Kota Surakarta, Selasa, ( 10/3/2020). Peserta berjumlah 5 Kelurahan peringkat ke 1 tingkat kecamatan yaitu Kelurahan Joyosuran, Purwosari, Jayengan, Timuran, Gandekan. Kegiatan evaluasi Perkembangan Kelurahan tingkat kota Surakarta dilaksanakan melalui du tahapan yaitu penilaian Paparan Lurah dan Penilaian Lapangan.

Laporan dari Kepala dinas PPAPM kota Surakarta Ir. Sri Wardhani Poerbowidjojo, MT menyampaikan tujuan penyelenggaraan Perlombaan Kelurahan Tingkat Kota Surakarta adalah

  1. Mengevaluasi, menilai dan mendorong Pemerintah Kelurahan bersama masyarakat untuk menemukenali dan mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya.
  2. Mendorong usaha pembangunan yang dilaksanakan masyarakat dan Kelurahan atas dasar tekad dan kekuatan sendiri.
  3. Mengetahui capaian yang ada di kelurahan selama kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat kelurahan pada aspek penyelenggaraan pemerlntahan, kewilayahan serta kemasyarakatan.
  4. Sebagai wadah apresiasi dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah berupa penghargaan kepada Pemerintah Kelurahan atas prestasi yang telah drcapai dalam memajukan, memandirikan dan mensejahterakan Kelurahan.

Wakil Wali Kota Surakarta dalam sambutannya menyampaikan Lomba kelurahan pada hakekatnya merupakan agenda penting yang memiliki arti strategis sebagai bagian dari upaya untuk mengelola potensi wilayah secara maksimal. Sejalan dengan maksud dan tujuan tersebut, kegiatan  lomba kelurahan diharapkan meningkatan pemberdayaan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi dan swadaya gotong royong. “Saya meminta aparat kelurahan sebagai ujung tombak yang langsung berhubungan dengan warga untuk senantiasa meningkatkan kinerjanya melalui metode serta pendekatan yang tepat sehingga potensi yang ada di kelurahan dapat digali kemudian kita kembangkan secara maksimal,” tegasnya.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,532

Visitors total

330,782

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta