Pemerintah Kota Surakarta
Wali Kota Surakarta Cek Kondisi Pemudik yang Jalani Karantina di Graha Wisata
  April 8, 2020 22:03

Rabu (8/4/2020) Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo meninjau langsung kondisi pemudik yang menjalani karantina di Graha Wisata. Menurut data yang didapatkan dari petugas screening shift siang sudah ada 11 pemudik yang melakukan skrining di posko siaga Covid-19.

Dari pemeriksaan skrining didapat 9 pemudik menjalani karantina yang disiapkan Pemerintah Kota Surakarta. Tujuh orang dikarantina di Graha Wisata dan dua orang di Dalem Joyokusuman. Sedangkan 2 pemudik melakukan karantina mandiri di rumah serta diminta mengisi surat persetujuan mentaati segala aturan yang diberlakukan.

Bilamana peraturan yang dibuat dilanggar, akan langsung dilakukan penjemputan oleh satuan gabungan seperti Satpol PP dan TNI/Polri. Upaya ini dilakukan guna menekan persebaran virus corona di Kota Surakarta.

Screening tidak hanya dilakukan bagi pemudik yang menggunakan transportasi masal akan tetapi juga berlaku bagi pengguna kendaraan pribadi. Pendataan bagi pemudik menggunakan kendaraan pribadi akan dilakukan dengan sistem gotong royong melibatkan segala unsur baik masyarakat, RT/RW setempat, babinsa dan Satpol PP.

Di mana setiap pemudik dan pendatang diwajibkan melaporkan ke RT atau RW setempat. Jika ada pemudik yang tidak melaporkan, masyarakat diharapkan bisa mengawasi dan melaporkan ke RT/RW dan kelurahan sehingga dilakukan pendataan dan skrining.

Masyarakat diminta lebih peduli serta melakukan pengecekan secara intensif di wilayah RT/RW masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mencegah persebaran agar tidak meluas.

Disaat peninjauan langsung oleh Walikota FX. Hadi Rudyatmo pada malam harinya, terlihat beberapa pemudik yang melakukan skrining diposko covid-19 di jalan Slamet Riyadi Nomor 275. Tampak terlihat bus penjemputan bolak-balik mengantar para pemudik yang menggunakan transportasi masal ke posko siaga.

Bahkan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi juga melakukan proses screening di posko covid-19. Dari sekitar jam 20.50 sampai jam 22.30 ada satu keluarga yang menjalani karantina mandiri di rumah dan beberapa pemudik dikarantina di Graha Wisata.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

12

Visitors today

12

Visits total

425,196

Visitors total

330,585

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta