Kegiatan Mider Praja, 19 Juni 2020
June 19, 2020 17:42
Kemensos Kaver 75.000 Penerima KIS Solo
August 25, 2020 11:01

HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, Pemerintah Kota Hadirkan Napiter, Lauching Inovasi, serta Revitalisasi Gedung Mall Pelayanan Publik

Solo, Senin, 17 Agustus 2020, Pemerintah Kota Surakarta bersama Badan Intelijen Negara (BIN) mengundang mantan narapidana terorisme (napiter), dan hadir dalam upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Balai Kota Surakarta.

Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di tengah pandemi COVID-19 tersebut diikuti perwakilan aparatur sipil negara (ASN) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surakarta, dengan pembina upacara Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Sementara lima mantan napiter yang hadir dalam upacara tersebut antara lain Ari Budi Santoso alias Abbaz alias Erwan alias Mustofa bin Suparno. Paimin asal Sragen. 

Chamidi alias Midi asal Pajang, Laweyan, Surakarta. Bayu Setyono bin Mulyono asal Tipes, Kecamatan Serengan Kota Surakarta, dan Marmo mantan Napiter Karanganyar. 

BIN ( Badan Inteljen Negara) terus melakukan program deradikalisasi seperti mengajak mantan napiter mengikuti upacara bendera di halaman Balai Kota Surakarta. Bersama dengan instansi negara lainnya, BIN bekerja keras untuk melakukan rehabilitasi terhadap mantan napiter.

Salah satu contohnya, kata dia, Paimin seorang pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah, yang terbukti memimpin sebuah kelompok beranggotakan delapan orang dan berencana meracuni polisi di Polda Metro Jaya sebelum akhirnya ditangkap pada Oktober 2011.

Akibat perbuatannya tersebut, Paimin harus menjalani hukuman penjara di Polda Metro Jaya, Mako Brimob, dan Lapas Klas II A Magelang selama 30 bulan sebelum bebas pada April 2014.

Selain menghadirkan napiter, peringatan Hari Kemerdekan ini juga dilaunching berbagai inovasi yang dilakukan oleh Pemkot bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Tengah serta revitalisasi gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) di Jl. Sudirman.

Adapun MPP dipersembahkan kepada warga Kota Surakarta untuk memberikan kemudahan pelayanan yang terintegrasi.

MPP, mempunyai Motto PAK DE KUMIS ( Pelayanan Dengan Kemudahan Untuk Masyarakat Indonesia Sejahtera),

Mall ini memberikan layanan terintegrasi sebanyak 373 jenis. Adapun layanan ini disediakan oleh Organisasi Perangkat Daerah Pemkot Surakarta, DPMPTSP Prov.Jateng, Kantor Samsat, Polresta, Kantor Imigrasi, Kemenag, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenakerjaan, KPP Pratama serta Bank.

Semua pelayanan yang diresmikan hari ini dilakukan dengan semangat LURIK ( Lurus dalam Pelayanan, Iklas dalam Pengabdian) untuk mewujudkan masyarakat Kota Surakarta yang 3WMP ( Waras, Wasis, Wareg, Mapan dan Papan) menuju Indonesia Maju.

Dirgahayu 75 th Indonesia Maju, dari Solo untuk Indonesia. MERDEKA.

Comments are closed.