Pemerintah Kota Surakarta
Berdedikasi Tinggi Terhadap Pengendalian Penduduk, Walikota Surakarta Beserta Istri Raih Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana 2020
  September 18, 2020 13:10

Pemerintah Kota Surakarta di bawah kepemimpinan FX. Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo berhasil meraih Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2020 di bidang Kependudukan Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Program Bangga Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Berkat komitmen tinggi Walikota Surakarta beserta istri, Elizabeth Endang Prasetyaningsih Rudyatmo dalam mendukung program KKBPK atau program Bangga Kencana, penghargaan diserahkan langsung Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, di Pendapi Gedhe, Kompleks Balaikota, Jumat (18/9).

Capaian tersebut diantaranya, banyaknya kampung KB yang sudah 66,21 % dan angka Fertility Rate 1,8 %. Padahal Pemerintah Pusat baru menargetkan 2,1 pada 2021 mendatang.

Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo dalam sambutannya, mengapresiasi penghargaan yang diberikan BKKBN Pusat dan berharap penghargaan tersebut mampu mendorong Keluarga Berencana  di Kota Surakarta tetap dapat berjalan dan masyarakat semakin menyadari sangat pentingnya KB dalam membangun keluarga, daerah dan bangsa yang dimulai dari keluarga.

Menurutnya, Pemerintah Kota Surakarta tetap berkomitmen untuk menerapkan slogan yang dikenal dengan ‘nguwongke uwong’ (memanusiakan manusia), yang dikemas dengan program unggulan “3WMP”, yaitu membangun masyarakat yang Waras Wasis Wareg Mapan Papan.

Sementara, Hastho Wardoyo Kepala BKKBN menyatakan bahwa tanda penghargaan Manggala Karya Kencana adalah sebagai bentuk apresiasi kepada kepala daerah yang dinilai telah menunjukan komitmen, dukungan serta jasa dalam program Bangga Kencana di wilayah kota / kabupaten didaerahnya.

Menurut Hastho Wardoyo, selain Walikota, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta, juga merupakan salah satu yang berjasa mendukung pelaksanaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan  Pembangunan Keluarga hingga berhasil. Bahkan total fertility rate (TFR) mencapai 1,8 %.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta