Pemerintah Kota Surakarta
Boyongan Pedagang Pasar Klewer Timur, Rudy Minta Penataan Alun Alun Segera Dilakukan
  October 16, 2020 14:13

Para pedagang Pasar Klewer Timur menggelar Kirab Boyongan sebagai tanda mulai pindah ke lokasi yang telah selesai dibangun, Jumat (16/10).

Walikota Surakarta dalam sambutannya, menyampaikan selamat akhirnya setelah 3 tahun lebih, gedung baru Pasar Klewer Timur selesai dibangun. “Layaknya hari ini kita syukuri kita sudah bisa melakukan boyongan. Dan tanggal 6 Nopember nanti akan diresmikan Pasar Klewer Timur,” ucap Rudy.

Para pedagang yang terdampak kebakaran Pasar Klewer tahun 2017, lanjutnya, harus pindah ke pasar darurat di Alun – Alun Utara Karaton Surakarta selama 3 tahun.

Saat menata kembali barang dagangannya, para pedagang diminta tetap memperhatikan protokol kesehatan. “3 M jangan dilupakan. Memakai masker, Menjaga Jarak dan rajin Mencuci tangan pada saat menata barang,” ujar Walikota.

“Tahun 2021 Alun – Alun Utara mohon dikembalikan seperti semula sehingga bisa kembali dipergunakan untuk kepentingan masyarakat. Untuk penataan kembali Alut Karaton Kasunan, mohon dianggarkan. Penghapusan aset pasar darurat juga mohon segera ditindaklanjuti,” kata Walikota pada pihak OPD terkait dan Ketua DPRD Surakarta,” imbuhnya.

Sementara, Heru Sunardi, Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta menjelaskan, pengerjaan pasar diselesaikan selama 10 bulan kurang 2 hari. “Pasar sudah siap digunakan para pedagang. Diharapkan los – los segera diisi sehingga kegiatan jual beli bisa segera dilakukan. Mumpung bangunan masih dalam masa pemeiharaan kontraktor,” ungkapnya.

Dengan telah selesainya pembangunan Pasar Klewer Timur baru, para pedagang mengungkapkan rasa syukurnya dengan menjalankan tradisi budaya Slup-Slupan Pasar Baru dengan membawa tikar, bantal dan lampu termasuk barang-barang yang dimiliki sembari berdoa mohon keberkahan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,221

Visitors total

330,603

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta