Pemerintah Kota Surakarta
Pelatihan Batik “Warna Alam”
  October 12, 2020 15:05

BATIK sudah menjadi ikon Kota Solo dan mendasari setiap pergerakan industri khususnya industri kreatif yang berkembang di Kota Surakarta. Kembali Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta bekerjasama dengan Dirjend Kebudayaan KEMENDIKBUD dan DEKRANAS yang menggandeng WARLAMI (Warna Alam Indonesia) menyelenggarakan Bintek Pewarna alam bagi IKM Batik di 3 Kab/Kota yaitu Kota Surakarta, Kota Cirebon dan Kabupaten Pamekasan.

Di Kota Surakarta bintek pewarna alami ini diselenggarakan sejak tanggal 12 Oktober – 2 November 2020 yang dibuka secara virtual nasional oleh Ibu Franka Makarim dilanjutkan dengan teori bintek online selama 3 hari di Sentra IKM Kreatif Semanggi Harmoni dan praktek pewarna alam dilakukan di 3 tempat yaitu IKM batik Kauman, IKM batik Laweyan dan IKM batik Semanggi.

Praktek pelatihan pewarna alam kali ini diikuti oleh 30 IKM Batik yang dibagi menjadi 3 kelompok dan masing-maisng melakukan semua tahapan pembatikan mulai dari pembuatan pasta warna alam (mordant, indigo dan jolawe) yang semua berasal dari bahan alami seperti kayu tingi, kayu jambal, kayu tegeran, kulit buah jolawe,daun tarum dan ramuan alam lainnya.

Proses selanjutnya adalah bahan batik yg sudah dicanting dengan malam dicelup (nyelup) dengan cairan/pasta warna alam secara berulang dilanjutkan dengan proses “temblok/nyolet” untuk mendapatkan warna yang berbeda dan dilanjutkan dengan proses nglorot sedangakan untuk pengunci warna alam dilakukan proses pencelupan dengan cuka atau tawas.

Semua proses praktek pewarna alami ini dilakukan selama 10 hari dan ada pendampingan dari tim WARLAMI serta kunjungan dari tim Dirjen Kebudayaan Kemendikbud dan DEKRANAS yang diwakili oleh ibu Etta Suhartono selaku pengurus bidang Wira Usaha Baru .

Kegiatan seperti ini dapat menjadi pemantik untuk berinonvasi dan berkreasi serta berani melakukan diversifikasi produk industri batik di Kota Surakarta dan pemerintah pusat dapat memberikan fasilitasi nyata bagi IKM di daerah secara langsung dengan menggandeng pemerintah daerah serta melibatkan pelaku IKM di daerah secara langsung demi menggerakan perekonomian dan membangunkan kembali IKM yang terdampak pandemi . Lebih utamanya lagi adalah untuk mengembalikan citra ekslusif dari BATIK WARNA ALAM.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta