Pemerintah Kota Surakarta
Walikota Surakarta, MenPUPR, dan Gubenur Resmikan ‘Rumah Kabudayan Ndalem Djojokoesoeman’ Jadi Pusat Budaya
  February 13, 2021 14:22

Pemanfaatan sebagai Rumah Kabudayan atau sebagai Culture Centre merupakan satu kesatuan grand design yang melekat dengan nilai tangible dan intagible ‘Rumah Kabudayan Ndalem Djojokoesoeman’ di masa lalu, masa kini dan mendatang dengan menggunakan konsep adaptive reuse.

Konsep revitalisasi ‘Rumah Kabudayan Ndalem Djojokoesoeman’ secara kontekstual berkaitan dengan pusat kebudayaan Mataram (Kraton Kasunanan Surakarta) yang secara kultur historis memiliki jalinan sejarah yang saling berkait. Dimana nilai budaya dan seni yang bersifat ‘inti’ karena berada satu kawasan dengan lingkungan heritage kraton Surakarta. Selain itu, bangunan yang bernilai arsitektur tinggi yang merupakan tinggalan heritage, layak dipertahankan dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran sejarah, arsitektur, budaya maupun sosial bagi masyarakat Surakarta.

Hal itulah yang menjadi awal Pemerintah Kota Surakarta dibawah kepemimpinan FX. Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo mempunyai ide merestorasi Ndalem Djojokoesoeman sebagai culture center.

Disaat peresmiannya hari ini, Sabtu (13/2) dalam rangkaian acara MenPUPR, Basuki didampingi Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo , Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo menyampaikan masih diperlukan yaitu penataan koridor Jl Padmonegoro dan Jl. AM Sangaji serta pembanguanan mini theater untuk menyempurnakannya.

Kepala DPUPR Solo, Endah Sitaresmi Suryandari, penamaan Rumah Kabudayan (Rudi Amanah Kanggo Budipekerti Dadyo manggih Kamulyan) sebagai pusat pembelajaran Kebudayaan yang sejalan dengan Surakarta sebagai kota budaya yang berjiwa progresif dan kompetitif dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta