Pemerintah Kota Surakarta
Pemerintah Kota Surakarta Dukung KKL Studi Wilayah Pertahanan Pasis Digreg LX 2021
  March 22, 2021 12:10

SURAKARTA – Pemerintah Kota Surakarta melalui Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa, mewakili Walikota Gibran Rakabuming Raka, Senin (22/3/2021) menyaksikan tayangan daring Pembukaan Diklat Studi Wilayah  Pertahanan ( Wihan) Disreg LX 2021 Seskoad di Bandung bertempat Ruang Nata Praja Balai Kota Surakarta.

Pada kesempatan interaksi dengan peserta Diklat Seskoad tersebut, Teguh mengatakan, jajarannya sangat mendukung KKL Kewilayahan Seskoad dan berharap sinergi dengan Pemerintah Kota Surakarta dalam memulihkan kondisi seluruh wilayah Surakarta akibat dampak Pandemi Covid – 19 khususnya bidang ekonomi segera terwujud.

“Kami sangat terbuka dan akan menerima siswa KKL yg ditugaskan di Kota Surakarta khususnya dalam penanganan covid 19. Tradisi Kota Surakarta sudah berjalan baik terpadu dan saling bahu membahu dalam lingkungan masyarakat yang paling kecil,” jelasnya.

Diungkapkan, semuanya sudah berjalan dengan baik dengan satgas covid Jogo Tonggo. “Jadi silahkan saja sewaktu – waktu hadir, kami seluruhnya bisa menerima apa yang disampaikan pada kami dan teman — teman di kota surakarta,” kata Teguh.

Keterlibatan Kodim dalam hal ini antara lain jajaran Kodim mendampingi di lapangan dan ada pembagian sembako di beberapa wilayah.

Keterlibatan dan peran TNI dalam  pemulihan ekonomi sangat dirasakan misalnya dalam TMMD dan KBD ( Karya Bhakti Daerah) yang di dalamnya ada pemberdayaan  ekonomi di wilayah. “TNI sangat antusias dan nyata tidak hanya datang secara fisik namun memberikan modal. Memberikan alat- alat masak sesuai kebutuhan masyarakat yang kita hadirkan,” jelasnya.

Sementara, Kepala Seskoad Mayjen TNI Anton Nugroho mengatakan, satuan sasaran KKL Studi Wihan Disreg LX 2021 dengan video conference memiliki tujuan membekali para siswa soal terotorial guna mengadapi situasi yang dinamis dan berkembang.

“Perkembangan aspek sosial budaya kita bersama komponen bangsa mendukung

Penguatan ekonomi di seluruh Indonesia,” katanya.

Harapannya, para siswa menyesuaikan dan bisa kerjasama dengan baik dengan unsur kewilayahan bekerja dengan baik. Membina satuan dengan kemampuan merencanakan dan mengorganisir dengan kesiapsiagaan operasional satuan. Penghargaan pada para pejabat daerah atas kesediaan waktunya guna mendukung kegiatan KKL Wihan Pasis Seskoad Kelompok XII di Surakarta.

Sedangkan perwakilan Kodim Surakarta Pasiter Tri Rusman menerangkan, Kodim dan Pemkot Surakarta sudah siap menerima KKL baik data dan yang lainnya.

“Kita dari unsur Babinsa Kodim dan unsur lain dalam penanganan Covid 19 dengan semaksimal mungkin. Kita juga menggerakkan relawan. Contohnya kerja bhakti penataan Taman Wisata Jurug. Ini erat kaitannya dengan kebangkitan ekonomi bila wisata tetap berjalan.

Diketahui kesiapan Kota Surakarta dalam penangan Covid 19 sudah dilakukan berbagai langkah nyata diantaranya Vaksinasi TNI Polri, Pedagang Pasar Lansia ASN Guru, penyiapan simulasi Pembelajaran Tatap Muka dan vaksinasi sopir Ojol.

“Mari kita bangkit menuju ekonomi yang lebih baik. Mari kita bahu membahu bersinergi dalam penanganan  covid 19 baik TNI dan Pemkot Surakarta,” pungkas Teguh.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

6

Visitors today

4

Visits total

425,539

Visitors total

330,787

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta