Pemerintah Kota Surakarta
Istri Walikota Surakarta Selvi Ananda : Apapun Peran Wanita, Harus Dijalani Dengan Ikhlas
  April 21, 2021 15:55

SURAKARTA – Solo Pos FM dan Hotel Best Western Solo Baru, Rabu (21/4/2021) di Hotel Best Western, Solo Baru,  menggelar talkshow spesial Hari Kartini. Talk show mengadirkan narasumber Istri Walikota Surakarta Selvi Ananda dan istri Bupati Wonogiri, Verawati.

Dalam perbincangan hangat seputar kesetaraan gender dan peran perempuan sebagai pendamping suami, yang dimoderatori Station Manager Solo Pos FM, Intan Nuraini, Selvi saat ditanya mengenai peran perempuan dalam mendampingi suami khususnya sebagai istri kepala daerah, mengatakan, apapun peran istri harus dijalani dengan ikhlas sehingga nantinya hasilnya akan bagus dan maksimal.

Menurutnya, perempuan merupakan sosok hebat dan piawai yang memiliki peran penting yang harus dihargai namun tetap tidak keluar dari kodratnya.

“Yang harus dilakukan perempuan adalah  menunjukkan kiprahnya  dengan mendalami perannya di bidang apapun. Yang penting bisa iklas dan belajar berinovasi dan mengeksplor kemampuannya.  Apa yg dijalani dengan ikhlas ke depan pasti hasilnya maksimal,” terangnya.

Sementara, Verawati  mengatakan, terkait peran sebagai istri bupati, istri sudah sepantasnya sebagai suporter dan hakim garis. “Kita dukung penuh peran suami tugas dan tanggungjawabnya. Apabila bergeser dari jalur yang dilalui istri semestinya mengingatkan,” jelasnya.

Saat ditanya Direktur Solo Pos Group Suwarmin Mulyadi soal pergeseran tugas dan pekerjaan yang  menyesuaikan dengan pekerjaan suami sekarang, Selvi menyatakan perempuan harus mampu memberikan perhatian yang seimbang. “Yang penting perempuan bisa memperoleh kesempatan berkarya sesuai dengan kemampuan. Seperti saat saya menjadi Ketua PKK Kota Surakarta, bekerja melayani masyarakat juga tidak lupa menjadi pendamping setia suami,” tandasnya.

Senada, Verawati menjelaskan sebagai ketua PKK yang sebelumnya sebagai ASN, kita memahami peran dan tugas yang baru dari seorang istri. “Saya kira sudah terwujud sebagai ketua PKK bantu suami. Hak harus sama dan kewajiban dalam isi pembangunan,” ucapnya.

Sementara dalam sesi tanya jawab dengan audiens, Rifa antoni pemerhati gender, mengharapkan para perempuauan bisa lebih berkarya di segala bidang. “Harapan saya wanita bisa dukung bergulirnya ekonomi kembali paska Pandemi Covid 19 ini,” katanya.

Danar Dewi, Humas  Angkasa Pura merespon bahwa  sebagai seorang ibu yang bekerja tidak mengenal waktu dirinya tidak lupa sebagi ibu tetap teringat yang di rumah. “Saya dengan testimony Bu Selvi dan Bu Verawati merasa tidak sendiri. Apapun pekerjaan kita, kodrat sebagi wanita tetap harus berjalan,” akunya.

Ditanya terkait kerjasama atau kolaborasi pemberdayaan perempuan se – Solo Raya, baik Selvi maupun Verawati sangat mendukung.

“Kita bersedia kerjasama. Dengan bersinergi kita bisa berbagi bersama pengalaman dan ilmu untuk memajukan perempuan, kesetaraan gender bergerak bersama memajukan sesuai kondisi masing – masing,” terang Verawati.

Selaras, Selvi mengapresiasi hal tersebut dan akan membahasnya lebih lanjut.

Disamping itu, Selvi Ananda juga menekankan bahwa seorang perempuan merupakan  manager memegang peran  penting. “Semoga kita bisa mengembangkan cita – cita Kartini. Karena seorang perempuanlah yang menghasilkan generasi emas yang memegang peran penting sebagai penerus bangsa,” pungkasnya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

18

Visitors today

8

Visits total

425,152

Visitors total

330,553

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta