Pemerintah Kota Surakarta
“Hijau Soloku, Asri Kotaku”
  April 30, 2021 09:15

SURAKARTA – Walikota Solo, Gibran Rakabuming menerima bantuan 206 pot dan tanaman dari Rotary Club Solo Area dan Bank Indonesia. Penyerahan pot dan tanaman dilakukan secara simbolis di Tugu Pemandengan dilanjutkan dengan penanaman tanaman pucuk merah, Jumat (30/4).

Pada kesempatan wawancara dengan rekan media, Mas Gibran menyampaikan ingin lebih menghijaukan lagi Kota Solo .

“Water barriernya mau diganti tanaman semua, nanti ada tempat lain juga kita hijaukan. Depan Loji Gandrung juga baru uji coba” jelas Gibran.

Selain itu Gibran juga menyampaikan ingin menambah ruang terbuka hijau di Kota Solo yang dirasa masih sangat kurang.

“Kita mau menghijaukan semua yang ada di Solo, ruang terbuka di Solo masih kurang hijau. Sepanjang city walk mau Saya hijaukan lagi. Konsepnya tidak boleh parkir lagi. Tapi nanti dulu ya, pelan pelan nanti kita hijaukan lagi Kota Solo” jelasnya.

Sebagai organisasi pengabdian masyarakat Internasional yang  memiliki beberapa area fokus yang salahsatunya adalah Lingkungan Hidup, Rotary memiliki program yang sejalan  dengan harapan dan impian Kota Solo menjadi Kota yang asri dan hijau. Maka, sesuai arahan dari Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka untuk memperbanyak penghijauan di Kota Solo, Rotary Clubs Solo Area bekerjasama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Solo untuk mewujudkan impian tersebut.

Sejumlah 206 pot dan tanaman dipersembahkan oleh Rotary Clubs Solo Area dan Bank Indonesia kepada  Pemerintah Kota Surakarta. Pot dan tanaman ini akan diletakkan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, mulai dari Bundaran Gladag hingga Tugu Pemandengan. Area premium di Kota Solo ini akan menjadi proyek percontohan untuk kedepannya, dengan hrapan semua area utama Kota Solo menjadi lebih hijau dan asri. Program dengan tema “Hijau Soloku , Asri Kotaku” akan ditandai dengan penyerahan 206 Pot dan tanaman yang akan dilaksanakan pada Jumat, 30 April 2021, pukul 07.30 WIB langsung kepada Walikota Gibran Rakabuming Raka di lokasi Tugu Pemandengan. Simbolis penanaman pohon pucuk merah akan dilakukan Walikota bersama pihak Rotary Club Solo Area yang dihadiri oleh District Senior Leader IPDG Febri H Dipokusumo, Deputy District Governor Danarsih Santosa, Assistant Governor Area Region 4 Martha Kristiana dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo.

Pot dan tanaman akan diserahkan secara bertahap untuk mengganti water barrier yang saat ini digunakan sebagai pembatas jalan. Sebelumnya, Rotary Clubs Solo Area juga telah memberikan bantuan berupa pot dan tanaman yang sudah  diletakkan di Jalan Adi Sucipto disepanjang depan stadion Manahan dan di jalan Doktor Moewardi disepanjang depan Lapangan Kota Barat. Koordinator Project President Retno Dewi Suci berharap , dengan semakin banyaknya tanaman dan program penghijauan  di Kota Solo dapat menjadikan masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan dan masyarakat semakin menyadari pentingnya lahan hijau yang harus dihidupkan dan dijaga bersama.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,384

Visitors total

330,700

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta