Pemerintah Kota Surakarta
Vakum Setahun, Opera Kolosal Ramayana Bakdan Neng Sala kembali Digelar di Balaikota
  May 15, 2021 20:10

SOLO – Setelah sempat vakum pada tahun lalu karena pandemi covid-19, Bakdan Neng Sala kembali digelar tahun ini dengan protokol kesehatan ketat di Pendapi Gede Balaikota, Sabtu (15/5). Bakdan Neng Sala merupakan pagelaran Sendratari Ramayana yang sudah sejak 2015 digelar saat liburan Idul Fitri. Biasanya Bakdan Neng Sala digelar selama tiga hari berturut-turut di Beteng Vastenburg. Namun karena pandemi covid-19, Tahun ini Bakdan Neng Sala digelar hanya sehari di Pendapi Gede Balaikota dan disiarkan streaming melalui chanel youtube Pariwisata, youtube Dinas Kebudayaan, Gibran Rakabuming Official, dan live Instagram dari akun Gibran Rakabuming.

Tahun ini Bakdan Neng Sala mengambil lakon “Sang Senopati” yang mengkisahkan ditunjukknya si kera putih “Anoman” menjadi senopati kubu Rama Wijaya dalam berperang melawan pasukan Rahwana untuk membawa pulang Dewi Sinta. Dalam perjalanannya dikisahkan Anoman harus menghadapi berbagai musuh sebelum bertemu dengan Dewi Sinta untuk menyampaikan pesan dari Rama Wijaya.

Meski dilaksanakan di Pendapi, namun pagelaran tetap dikemas dengan kelengkapan dekorasi, lighting dan visualisasi menggunakan layar LCD yang menampilkan suasana setiap adegan. “Sang Senopati” ditarikan oleh penari-penari dari Sanggar Moncar Iswara yang terdiri dari seniman senior dan seniman muda.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

3

Visitors today

3

Visits total

425,855

Visitors total

330,979

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta