Pemerintah Kota Surakarta
RS. Kasih Ibu dan Brayat Minulya Serahkan Layanan Inovasi Sapu Kuwat
  May 25, 2021 13:55

Rumah Sakit Kasih Ibu dan RS. Brayat Minulya (Selasa, 25/5) menyerahkan layanan inovasi Satu Paket Urusan Kependudukan Terpenuhi (Sapu Kuwat) kepada keluarga pasien yang melahirkan.

Paket layanan inovasi Sapu Kuwat terdiri dari Akta Kelahiran, perubahan KK tambah jiwa, KIA, e-ID JKN KIS dan Buku Bolo Kuncoro.

Disampaikan oleh Kadisdukcapil Surakarta, Y. Pramono, SH. M.Si, Sapu Kuwat adalah merupakan salah satu inovasi Disdukcapil Surakarta, yang mengintegrasikan layanan kelahiran di Rumah Sakit, Puskrsmas, Rumah Bersalin dan Bidan Praktek Mandiri dengan pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatatan sipil.

Integrasi layanan juga diperluas dengan BPJS Kota Surakata dengan pemberian e-ID JKN KIS yang setiap bayi lahir secara otomatis  terdaftarkan kepesertaannya dalam BPJS kesehatan mengikuti orang tuanya.

Inovasi ini juga mendapatkan dukungan dari Disarpusda dengan memberikan Buku Bolo Kuncoro yang berisi tentang tempat dan sejarah di Kota Surakarta dengan harapan menjadi edukasi literasi bagi anak Kota Surakarta.

Cara akses layanan Sapu Kuwat cukup mudah, bagi keluarga yang melakukan kelahiran di 19 Rumah Sakit / Puskesmas / Rumah Bersalin / Praktek Mandiri, cukup menyerahkan persyaratan ke tempat kelahiran maka dokumen oleh Rumah Sakit akan diteruskan ke Disdukcapil Secara online.

Setelah dokumen jadi, maka akan diantar oleh Disdukcapil ke Rumah Sakit dan selanjutnya untuk di serahkan ke keluarga yang melahirkan sebelum bayi dan ibunya pulang dari rumah sakit / puskesmas / rumah bersalin.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

12

Visitors today

8

Visits total

425,545

Visitors total

330,791

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta