Penutupan Musrenbang RPJMD Kota Surakarta 2021-2026, Walikota Siap Tindaklanjuti Masukan Dari Hasil Sidang
June 9, 2021 14:16
Peringati Hari Kesatuan Gerak PKK ke 49, Ketua TP PKK Surakarta Dorong Wanita Indonesia Jadi Pelopor Kemajuan NKRI
June 10, 2021 10:16

Ingat Jasa Walikota Terdahulu, Hari jadi Pemerintah Kota Surakarta ke – 75, Walikota dan Wakil Lakukan Ziarah Makam

SURAKARTA – Menjelang peringatan Hari Jadi Pemerintah Kota Surakarta Ke – 75, 16 Juni mendatang, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Wakil Walikota Teguh Prakosa, Forkopimda Kota Surakarta dan Sekda Ahyani beserta jajarannya, Kamis (10/6/2021) berziarah ke makam para mantan walikota yang telah wafat.

Ziarah ke makam-makam mantan Wali Kota Surakarta merupakan salah satu kegiatan utama para pimpinan daerah. Rombongan dibagi empat kelompok untuk berziarah di masing – masing makam dengan tujuan memecah kerumunan dan mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan seragam beskap.

Ada tiga makam mantan wali kota dan satu mantan Penjabat Walikota yang dikunjungi. Rombongan Walikota, Wakil Walikota, Sekda, Prokopimda beserta kepala bagian Setda berziarah di makam Wali Kota Solo pertama Sidoeredjo yang ada di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres. Sindoeredjo yang menjabat dari tanggal 19 Mei 1946 hingga 15 Juli 1946, diangkat oleh Komite Nasional Indonesia Daerah Kota Surakarta.

Rombongan kedua yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda, Kinkin Sultanul Hakim berziarah ke makam mantan Wali Kota Solo ke 12 Soekamto Prawirohadisebroto di Bibis Luhur, Banjarsari. Soekamto menjabat di Kota Bengawan pada tahun 1980 hingga tahun 1985. 

Rombongan keempat dipimpin Asisten Ekbang Setda, Agus Sutrisno, mengunjungi makam Slamet Suryanto di Astana Bonoloyo. Slamet Suryanto menjabat pada tahun 2000-2005. Ziarah terakhir dilakukan oleh rombongan empat yang dipimpin Asisten Administrasi Umum Rahmat Sutomo di makam Pejabat Wali Kota Budi Suharto, di Astana Pracimaloyo, Desa Makamhaji, Kartasura Sukoharjo.

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming menyatakan ziarah ini merupakan tradisi menjelang peringatan Hari Jadi Pemkot. Ia menjelaskan bahwa ziarah ini dibagi empat rombongan masing-masing menuju makam yang berbeda.

“Ya ini sudah tradisi memperingati Hari Jadi Pemkot. Kita juga dibagi empat rombongan yang berziarah di lokasi berbeda mantan Walikota Solo,” jelasnya.

Usai berziarah Walikota menyempatkan diri menerima masukan dan keluhan dari warga sekitar makam. Beberapa keluhan masuk antara lain jalan menuju makam, tembok samping makam yang akan roboh, hingga terkait saluran di wilayah tersebut.

Comments are closed.