FGD Sosialisasi Perencanaan Koridor Ngarsopuro Gatot Subroto
June 10, 2021 13:10
Mider Projo Bareng, Gibran dan Rudy Kerjabakti Bersihkan Kolam Segaran Sriwedari
June 11, 2021 08:45

Walikota Gibran Minta Lurah Pergunakan Dana Pembangunan Kelurahan Dengan Benar

SURAKARTA – Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka didampingi Wakil Walikota Teguh Prakosa, Kamis (10/6/2021) di Pendopo Kecamatan Pasar Kliwon memberikan arahan pada seluruh camat dan lurah se Kota Surakarta. Beliau menyampaikan untuk 2021 total jumlah anggaran DPK ( Dana Pembangunan Kelurahan ) sebesar Rp. 9,4 milyar yang terdiri dari dana operasional LPMK sejumlah Rp.313 juta, untuk pembangunan di luar kegiatan khusus  Rp. 4,687 milyar, pembangunan kegiatan khusus sebanyak Rp. 4,4 milyar.

“Saya himbau untuk seluruh kelurahan melakukan pendampingan khususnya untuk penyusunan proposal guna percepatan penyusunan LPJ dan pengumpulan SPJ untuk kegiatan Dana Pembangunan Kelurahan ini. Mengingat bulan – bulan efektif Tahun Anggaran 2021 ini hanya tersisa kurang dari setengah tahun lagi,” ujarnya.

Walikota mengharapkan pada pelaksanaan DPK tahun 2021 berjalan dengan lancar dan tidak ada temuan dari BPK ( Badan Pemeriksaan Keuangan ).

Terkait dengan rencana pengukuhan pengurus LPMK, 16 Juni mendatang, Walikota minta supaya tidak ada yang merangkap sebagai anggota partai politik. Hal tersebut sesuai dengan Perda no. 11 Tahun 2011 dan Perwali No 3 Tahun 2012. 

“Nanti kalau masih ada yang merangkap, otomatis pengukuhannya ditunda, dan dilaksanakan pemilihan ulang,” kata Gibran.

Walikota juga menyampaikan apresiasinya Irianto, Sukamto dan Purbo Winoto atas purna tugasnya sebagai ASN Pemkot Surakarta. “Selamat menikamati pensiun, semoga diberi kesehatan, kebahagiaan. Saya harapkan bapak – bapak tetap aktif dalam kegiatan bermasyarakat. Saya juga menyampaikan apresiasi setingi – tingginya atas pengabdian dan pelayanan yang telah diberikan pada masyarakat dan Pemerintah Kota Surakarta,” ucapnya.

Sementara untuk pelaksana tugas sudah ditunjuk Walikota, Beny Supartono Putro sebagai PLt Camat Banjarsari, Sri Suharti sebagai Plt Lurah Penumping dan Indrianto Agus sebagai Plt Lurah Joyoningratan. Diharapkan, ketiganya mampu meneruskan pengabdian pejabat camat dan lurah sebelumnya, mampu bersinergi dengan lurah dan camat lainnya dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan serta pengsbdian pada masyarakat Kota Surakarta. Untuk pengisian pejabat definitif akan dilaksanakan setelah SOTK baru terbentuk, penyetaraan jabatan admistrator, fungsional dan pengawas terbentuk.

Terkait masalah perkembangan Covid – 19, Gibran menginstruksikan kewaspadaan warga Kota Surakarta lewat para lurah dan camat lantaran adanya pertambahan warga yang terjangkit Covid 19. 

“Hati – hati sekali Bapak – Ibu, kemarin ada pertambahan dari daerah Laweyan, pedagang kain bermobil di Alun – Alun Utara Karaton Kasunanan dan waspadai pedagang ikan di Pasar Ikan Balekambang. Saya ingatkan sekali lagi bahwa vaksin sebenarnya bukan obat, namun untuk menambah imunitas, daya tahan dan masih ada sedkit presentase untuk bisa terpapar Covid lho,” jelasnya.

“Juga saya sering menemui anak – anak dan warga pedagang pasar yang tidak memakai masker hampir semuanya. Anak – anak bermain dan bersepeda tidak memakai masker yang sering saya jumpai. Solo sudah sehat sudah hijau, namun kalau kiri kanan belum hijau dan sehat, kita masih sangat riskan bisa terpapar,” tambahnya.

Menurut Gibran, yang sudah divaksin namun masih bisa terkena Covid 19 bukan lantaran program vaksinasi namun disebabkan tidak melakukan protokol kesehatan 5 M khususnya di tempat publik atau banyak kerumunan.

Beliau meminta untuk warga maupun jajarannya untuk tidak berwisata atau menghadiri hajatan dengan banyak orang. 

Terkait vaksinasi bagi warga lansia, Walikota meminta untuk segera mengajak  lansia segera divaksin. Dikatakan program vaksinasi terus berlanjut untuk semua kalangan di Kota Surakarta.

Dikatakannya ketersediaan vaksin di bulan Juni dan Juli masih melimpah dan masyarakat Surakarta diminta walikota untuk tidak kawatir. 

Khususnya warga yang telah terkena Covid 19, Gibran meminta kesediannya untuk diisolasi di Donohudan karena tingkat kesembuhan yang tinggi di fasilitas Donohudan sehingga segera bisa beraktifitas kembali.

Dilaporkan dalam pertemuan lurah dan camat seluruh Kota Surakarta tersebut, munculnya hunian liar di Bantaran Kali Anyar Jebres. Wakil Walikota meminta lurah dan camat segera berkoordinasi kalau perlu meminta bantuan Satpol PP untuk menertibkan.

“Kita ini lagi fokus dengan pandemi, sehingga mereka ( pendatang ) menganggap kita lalai sehingga kembali mendirikan bangunan di bantaran sungai. Kita tertibkan kembali. Saya minta camat dan lurah peka dengan yangterjadi di sekitarnya sehingga kita bisa cepat mengantisipasi,” jelasnya.

Comments are closed.