Pemerintah Kota Surakarta
Tinjau Pintu Air Demangan Baru, Gibran Bersama Menteri PUPR Yakini Air Sungai Bengawan Solo Nantinya Tak Akan Meluap Ke Hulu
  June 12, 2021 15:55

Surakarta – Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming damping Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basoeki Hadimoeljono meninjau proyek pembangunan Pintu Air Demangan, Solo, Sabtu (12/6). Basoeki Hadimoeljono meninjau langsung progres pembangunan pintu air Demangan di hilir pertemuan sungai Pepe dengan Sungai Bengawan Solo. “Saya ke sini untuk melihat progres pekerjaan terutama pengendalian banjir”, tambahnya.

Basuki menyampaikan bahwa pembangunan pintu air Demangan dilakukan untuk menggantikan pintu air lama yang dibangun sejak jaman Belanda dan rawan longsor. tambahnya. Dengan dibangunnya pintu air Demangan baru, air sungai Sengawan Solo tidak akan meluap ke arah hulu tapi hanya di area hilir saja yang tidak ada rumah dan tidak ada pemukiman. “Di bagian hilir dari pintu lama kearah sini itu kebanjiran, dan ini kita pindahkan kesini supaya bisa melayani yang dulu banjir ini bisa dilayani dengan pintu ini, sehingga air Bengawan Solo tidak sampai meluap kesana, tidak sampai naik kesana tapi sampai disini saja,” imbuhnya.

Operasionalnya, lanjut Beliau, “Kalau nanti air Bengawan Solo ini tinggi, pintu ini ditutup, air yang dari Kali Pepe dipompa, itu untuk pengendalian banjir”. Debit pompa pintu air ini mencapai 70 m3/detik yang dilayani oleh 6 pompa dengan 5 pompa operasional dan 1 pompa cadangan.

Gibran menambahkan, Pemerintah Kota Surakarta akan tetap mempertahankan pintu air Demangan lama. Pemerintah Kota juga akan melengkapi fasilitas publik dari pintu lama ke pintu air Demangan baru.”Demangan pintu lama tetap kita pertahankan karena itu cagar budaya. Lalu dari Demangan lama ke Demangan baru ada joging track.” tambahnya. Jadi kalau ada orang tanya Bengawan Solo itu dimana, ya salah satunya di sini,” katanya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

21

Visitors today

16

Visits total

425,346

Visitors total

330,679

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta