Audiensi Bersama Forum Anak Surakarta, Dan Serahkan Hadiah Lomba Solo Vocal, Poster Hari Kartini. Gibran Tebar Optimisme
June 29, 2021 09:38
Paripurna Ke 4, Seluruh Fraksi Setujui Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA. 2020
June 29, 2021 15:57

Rapat Koordinasi Pengendalian Penanganan Covid-19, Menteri Dalam Negeri Dorong Percepat Pencairan Dana Insentif Nakes

Surakarta- Bertempat di Ruang Rapat Natapraja, Selasa (29/6), Walikota Surakarta Gibran Rakabuming didampingi Sekda Ahyani mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Penanganan Covid-19 yang dipimpin Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian secara virtual. Dalam arahannya Mendagri mendorong Kota Kabupaten untuk mempercepat pencairan dana insentif bagi nakes yang menangani covid-19.

“Saya minta daerah kota kabupaten untuk percepatan pencairan dana insentif bagi nakes yang menangani covid,” jelasnya.

Mendagri menegaskan bahwa Kementrian Dalam Negeri akan melakukan analis dan evaluasi secara berkala untuk memonitoring realisasi insentif bagi tenaga kesehatan di daerah kabupaten dan kota.

Sementara itu Menteri Keuangan, Sri Mulyani menerangkan bahwa pencairan insentif harus ditingkatkan. Meski beberapa daerah mulai menunjukkan kecepatan penyaluran insentif di atas rata-rata nasional namun, menurut Sri Mulyani, realisasi pencairan insentif belum ada yang mencapai 20 persen pada pertengahan tahun ini.

“Ini sudah bulan Juni mendekati Juli sudah hampir separuh tahun 2021 kita berharap anggaran-anggaran ini bisa segera diakselerasikan. Apalagi melihat saat ini jumlah kenaikan kasus juga semakin meluas,” lanjutnya.

Berdasarkan data realisasi insentif tenaga kesehatan tingkat provinsi sebesar Rp 117,82 Miliar atau 8,2% dari anggaran. Sementara realisasi tingkat kota kabupaten sebesar Rp 511,69 Miliar atau 7,73%.

Comments are closed.